6 Alasan Mengajak Si Kecil Liburan

Oleh: Abida Wafaa, S.Psi.


Liburan sekolah tiba. Saatnya Anda cuti dan segera menyusun rencana liburan bersama si kecil.
Liburan bersama keluarga banyak manfaatnya. Tak hanya memberikan “break” pada rutinitas Anda. Yang lebih penting adalah mengakrabkan Anda dengan anak-anak. Jolana Klobouk seorang pendidik di Amerika Serikat mengungkapkan pentingnya liburan keluarga, antara lain:

  1. Kian mengakrabkan.
    Saatnya Anda meninggalkan rutinitas keseharian. Jauh dari kantor, dering telpon, daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dan jadwal meeting yang padat. Ini adalah kesempatan yang sangat bernilai untuk saling mengenal antar anggota keluarga secara lebih akrab. Isi dengan kegiatan bersepeda bersama, liburan di pantai dan membangun istana pasir bersama si kecil, atau mengunjungi museum sekaligus mengenalkan hal-hal yang anak belum tahu. Saat itu banyak waktu untuk berbincang dengan anak secara santai tanpa adanya gangguan. Dijamin setelah ini Anda akan akrab dengan anak.
  2. Mengajarkan pengetahuan.
    Liburan ke luar kota atau luar negeri adalah sarana pendidikan yang terbaik buat anak. Anak-anak pertama kali mempunyai kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang telah mereka pelajari di sekolah, yang mereka baca di buku atau yang mereka lihat di TV.

    Kemana pun Anda akan pergi, itu akan menjadi media pembelajaran buat anak, meski itu hanya beberapa jam berkendaraan dari rumah. Liburan keluarga dapat mengajarkan anak tentang perbedaan budaya, bahasa, makanan, iklim dan lingkungan. Jika alasan dana yang terbatas, Anda dapat membawanya ke rumah kakek-neneknya agar anak-anak lebih mengenal keluarga dan kerabatnya. Yang lebih penting, belajar melalui liburan seperti ini akan lebih menyenangkan dibanding belajar mengerjakan PR di rumah.

  3. Pengalaman baru.
    Liburan bersama keluarga menyediakan sebuah “ruang baru” untuk mengasah pengalaman anak yang tak pernah mereka temukan. Sekali-kali ajak anak ke sebuah petualangan yang belum pernah mereka bayangkan. Misalnya arung jeram bersama, paralayang, menyelam, berselancar, atau menikmati petualangan dengan mengunjungi Suku Badui. Jangan lupa untuk membawa kamera atau handycam untuk mengabadikan kegiatan yang Anda lakukan. Suatu hari Anda bersama-sama si kecil dapat membuka-buka kembali pengalaman liburan yang seru.
  4. Hidup adalah sebuah petualangan.
    Meski Anda bukan petualang sejati, namun Anda bisa menjadi seorang petualang baru. Di negeri ini banyak tempat-tempat yang bagus dan menarik perhatian untuk dikunjungi. Bila tak ingin menjalani petualangan yang ekstrim, taman safari atau kebun binatang bisa menjadi aIternatif. Sekalian Anda bisa menerangkan betapa beragamnya flora dan fauna yang kita miliki. Di sana banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari. Pilihlah permainan petualang yang bisa Anda lakukan bersama anggota keluarga dan anak-anak.
  5. Masa kanak-kanak singkat.
    Kita semua tahu bahwa waktu berjalan begitu cepat, anak-anak tumbuh begitu cepat tanpa kita menyadarinya. Sampai datang waktu mereka mempunyai "kehidupan" sendiri, di mana mereka tak nyaman kalau harus bersama-sama dengan bapak ibunya. Bahkan bersama orangtua tak lagi menjadi daftar dalam agendanya. Berlibur lah bersama, selagi anak-anak masih ingin selalu bersama Anda.
  6. Kembali rileks.
    Ini adalah bagian yang terpenting. Alasan utama untuk liburan bersama adalah untuk rileks dan mengisi ulang energi yang selama ini dihabiskan untuk pekerjaan. Namun begitu semangatnya jangan sampai liburan yang Anda lakukan menguras energi. Karenanya buat jadwal yang jelas dan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi sekeluarga. Buat suasana senyaman mungkin sehingga Anda dan anak-anak benar-benar menikmati liburan.

Jadi apapun liburan yang Anda rencanakan, manfaatnya sama mengakrabkan rasa kekeluargaan. Anda akan memiliki sesuatu yang indah untuk dikenang, menghabiskan waktu bersama anak-anak, menemukan hal-hal baru, menambah kenalan, serta melihat tempat-tempat baru yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. Dan ini akan selalu dikenang anak-anak. referensi:

  1. Penny Warner, Kids Holiday Fun : Great Family Activities for Every Month of the Year (Board book), Meadowbrook, 2000.
  2. www.a-to-z-wellness.com

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan majalah Anakku)

Share artikel ini:

Artikel Terkait