6 Tips Menyiapkan Anak Siap Sekolah

Liburan telah usai, saatnya si kecil kembali ke sekolah. Namun menarik si kecil untuk siap pergi ke sekolah bukanlah perkara yang mudah, apalagi setelah liburan panjang yang menyenangkan. Sindrom pasca liburan ternyata tidak hanya dialami orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Si kecil pun mulai menunjukkan tanda-tanda enggan berangkat sekolah, mulai dari sulit bangun pagi, sulit diajak mandi, bahkan cenderung rewel hingga marah-marah.

Oleh karena itu, Ibu harus pintar dalam mencari cara untuk mempersiapkan si kecil kembali semangat sekolah. Tak perlu bingung Bu, berikut ini adalah tips dan trik untuk membujuk si kecil agar kembali siap sekolah dengan semangat. Simak 6 tips dan trik untuk membujuk si kecil agar siap menjalani kembali rutinitas di sekolah.

 

1. Siapkan menu sarapan favorit si kecil

Sarapan sangat penting karena dibutuhkan dalam memberikan si kecil energi untuk menjalani aktivitas seharian. Oleh karena itu, agar si kecil siap kembali ke sekolah dengan semangat, Ibu bisa siapkan menu sarapan favorit si kecil. Buatkan menu sarapan yang berbeda dari biasanya, dengan begitu si kecil pun akan semangat bangun tidur untuk menyantap menu sarapan favoritnya sebelum berangkat sekolah.

 

2. Katakan bahwa belajar itu menyenangkan

Saat sarapan, sebaiknya Ibu dampingi si kecil sambil menceritakan beberapa hal yang membuat dirinya termotivasi untuk pergi ke sekolah. Katakan kepada si kecil bahwa belajar merupakan hal yang menyenangkan, karena si kecil akan mendapatkan lebih banyak informasi menarik yang bisa ia dapat dengan belajar di sekolah. Dengan begitu, akan muncul rasa ketertarikan dan semangat si kecil untuk mengikuti proses belajar di sekolah.

 

3. Senangnya jika memiliki banyak teman

Salah satu motivasi yang bisa diberikan agar si kecil siap sekolah adalah memberikan banyak teman. Selain belajar, di sekolah si kecil akan bertemu dengan banyak anak-anak sebayanya dan juga bisa bermain bersama. Jelaskan kepada si kecil bahwa sangat menyenangkan jika ia memiliki banyak teman dan juga manfaatnya. Si kecil bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan bersama dengan teman-teman di sekolahnya.

 

4. Peralatan sekolah baru

Cara yang satu ini juga bisa menjadi senjata ampuh untuk memotivasi si kecil agar siap kembali ke sekolah. Sebelum kegiatan sekolah dimulai, Ibu bisa membelikan beberapa peralatan sekolah baru untuk si kecil. Libatkan pula si kecil untuk memilih sendiri peralatan sekolah favoritnya.  Perlengkapan dan peralatan sekolah baru yang Ibu berikan, akan membuat si kecil tidak sabar ingin segera masuk sekolah dan menggunakan perlengkapan sekolah tersebut di depan teman-temannya.

 

5. Antarkan si kecil ke sekolah

Tahun ajaran baru mungkin saja membuat si kecil gugup, karena ia akan menghadapi banyak hal baru, mulai dari teman dan guru baru, hingga suasana kelas dan pelajaran yang berbeda. Maka tak ada salahnya jika Ibu mengantarkan si kecil ke sekolah untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

 

6. Bawakan menu bekal sekolah yang spesial

Agar si kecil lebih bersemangat kembali ke sekolah, bawakan menu bekal yang spesial dan menjadi favorit si kecil. Hal ini bisa menjadi mood booster tersendiri bagi si kecil. Saat makan bersama, anak-anak biasanya suka memamerkan menu bekal masing-masing kepada teman-teman. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi si kecil, jika menu bekal yang Ibu bawakan sangat istimewa, si kecil pun juga akan lahap saat menyantapnya.

Dengan membawakan bekal untuk si kecil, Ibu juga sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil saat ia di sekolah. Penuhi asupan nutrisi pada bekal makanan si kecil, mulai dari karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral untuk mendukung kebutuhan energi dan meningkatkan prestasi si kecil.

Jangan lupa lengkapi bekal si kecil dengan membawakan susu DANCOW FortiGro siap minum. Di usia sekolah, pastinya si kecil memiliki aktivitas padat serta proses belajar yang makin aktif. Oleh karena itu, susu dengan kemasan terbaru siap minum ini menjadi solusi tepat memenuhi nutrisi si kecil yang praktis untuk mendukung anak siap sekolah. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait