6 Manfaat Mengunjungi Tempat Bersejarah Bagi Si Kecil

Mengunjungi tempat bersejarah seperti museum bisa menjadi salah satu referensi wisata yang seru dan menyenangkan. Museum merupakan tempat bersejarah yang dianggap kuno dan membosankan bagi sebagian orang. Apalagi bagi anak-anak, jika bukan tugas dari sekolah, mungkin mereka enggan untuk mengunjungi tempat yang banyak barang-barang bersejarah ini.

Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mengunjungi tempat objek wisata tempat bersejarah seperti museum khususnya bagi anak-anak. Berikut ini manfaatnya.

 

1. Menambah wawasan

Manfaat mengunjungi museum adalah menambah wawasan si kecil. Si kecil akan menemukan banyak wawasan baru terhadap berbagai cabang ilmu pengetahuan baru yang sebelumnya tidak dikenalnya. Contohnya ketika si kecil melihat beberapa fosil yang masih tersisa secara nyata, atau tempat-tempat bersejarah, dan benda-benda bersejarah lainnya.

 

2. Meningkatkan rasa ingin tahu si kecil

Dengan mengunjungi museum, secara tak langsung mengajarkan kepada si kecil bahwa mencari informasi baru itu sangat menyenangkan. Tentunya hal ini akan meningkatkan rasa ingin tahu si kecil dan ia pun menjadi kaya akan pengetahuan. Anak bisa mengetahui beberapa proses terjadinya suatu peristiwa bersejarah. Saat di museum, si kecil akan melihat objek dengan lebih detail, dan mendapat jawaban dari membaca informasi yang ada atau dengan cara mengeksplorasi museum.

 

3. Referensi visual

Suasana belajar yang berbeda pun bisa dirasakan dengan mengunjungi museum. Selama ini, si kecil mengetahui tempat bersejarah hanya lewat buku dan gambar saja. Agar si kecil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, museum bisa menjadi tempat bersejarah yang tepat bagi si kecil untuk melihat sejarah secara visual. Jika selama liburan anak sudah jarang sekali membuak buku pelajaran, museum pun bisa menjadi buku terbuka bagi anak untuk memancingnya berpikir tentang banyak hal yang dilihatnya.

 

4. Menempatkan sesuatu dengan perspektif waktu.

Dengan mengunjungi museum, si kecil memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa di dunia. Dengan grafik, angka, diorama, dan sumber lainnya, si kecil pun tak perlu bingung lagi dengan waktu dari berbagai peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik, dan lainnya.

 

5. Belajar tentang peristiwa-peristiwa masa lampau

Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan sejarah kepada si kecil. Peristiwa dan tempat bersejarah yang menjadi saksi pada masa lalu, dapat si kecil gali lebih dalam di museum, dengan mencari tahunya lewat grafik, angka, dan sumber-sumber di museum yang berkaitan dengan sejarah negara dan dunia.

 

6. Berinteraksi dengan banyak orang

Mengunjungi museum juga bisa mengasah kemampuan bersosialisasi si kecil, sebab ia akan berinteraksi dengan banyak orang. Saat di museum, si kecil lebih banyak melakukan interaksi langsung dengan saling bertanya atau mengobrol dengan pemandu museum atau pengunjung lain. Tanpa sadar si kecil pun juga bisa mendapatkan teman baru ketika berkunjung ke museum.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait