6 Tips Agar si Kecil Mendapatkan Manfaat Bermain saat Playdate

Salah satu manfaat bermain bersama teman sebaya adalah untuk membantu si Kecil berlajar bersosialisasi. Karenanya, yuk sesekali adakan playdate agar si Kecil mempunyai kesempatan untuk bermain bersama teman-temannya di luar lingkungan sekolah. Nah, simak tips playdate berikut ini agar playdate si Kecil dan teman-temannya berjalan lancar, masalah-masalah yang mungkin muncul bisa diminimalisir, dan manfaat bermain bagi anak menjadi optimal.

  1. Batasi jumlah anak

Masalah yang mungkin baru akan muncul ketika anak usia SD saat bermain bersama adalah merasa ‘tidak diajak main’. Untuk menghindari ini terjadi, Ibu perlu membatasi jumlah anak yang ikut dalam playdate. Atau jika memang mengundang lebih dari dua anak, pastikan jumlahnya genap sehingga dapat dibagi dalam jumlah yang sama.

  1. Biarkan si Kecil yang mengatur

Jangan kaget jika si Kecil pulang sekolah dengan membawa berita ia dan teman-temannya sudah membuat rencana playdate di rumah. Biarkan si Kecil merencanakan kegiatan playdate sendiri karena semakin sedikit campur tangan Ibu, si Kecil akan merasa percaya diri dan merasa mampu mengendalikan aktivitas sosialnya. Biarkan ia memilih siapa yang ingin diajaknya, kapan waktunya dan apa yang akan dilakukan saat playdate. Ibu hanya perlu membimbingnya dan tentu membantu soal mencocokkan jadwal dan meminta izin kepada orangtua lainnya.

  1. Batasi waktunya

Ibu dan si Kecil perlu menyepakati lamanya waktu bermain sejak awal, termasuk pada jam berapa teman-temannya nanti akan pulang. Informasikan hal ini pada anak-anak dan orangtua lainnya juga, karena biasanya akan lebih mudah mengajak anak-anak pulang dari aktivitas playdate jika semua anak pulang di saat yang sama, atau setidaknya di waktu yang berdekatan.

  1. Jangan gunakan gadget

Tujuan dari diadakan playdate adalah agar si Kecil mendapat manfaat bermain dalam hal meningkatkan kemampuan sosialnya. Nah, manfaat ini akan bisa didapat secara optimal jika si Kecil dan teman-temannya tak hanya terpaku pada layar gadget. Untuk itu, sepakati terlebih dulu bahwa selama playdate mereka tidak akan bermain dengan gadget. Bersama si Kecil rencanakan aktivitas bermain yang melibatkan gerak fisik dan interaksi dengan teman-temannya. Kegiatan bermain di luar ruang merupakan pilihan yang tepat untuk playdate karena bermanfaat bagi perkembangan fisik anak, mendorong si Kecil dan teman-temannya untuk berinteraksi dan tentunya seru untuk dimainkan.

  1. Sepakati aturan main

Sebelum anak mulai bermain, minta mereka untuk menyepakati beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya mengenai pembagian giliran main, berhenti main jika sudah tiba waktu makan dan membereskan kembali perangkat dan mainan yang digunakan setelah selesai. Cara ini juga mendorong anak untuk disiplin, berkomitmen dan bertanggung jawab.

  1. Biarkan anak-anak menyelesaikan masalah

Jika masalah sampai muncul saat si Kecil dan teman-temannya tengah bermain, biarkan mereka mencoba menyelesaikannya sendiri terlebih dahulu karena ini merupakan proses mengembangkan kemampuan sosial mereka yang merupakan salah satu manfaat bermain bagi anak. Jika masalah semakin rumit, Ibu bisa menengahi dengan mengambil posisi sebagai mediator.

Usia SD merupakan saat yang tepat bagi si kecil untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan salah satu cara yang ampuh adalah dengan membiarkannya bermain dengan teman sebayanya. Yang perlu ibu lakukan hanya menjaga dan mengawasi agar si Kecil benar-benar mendapatkan manfaat bermain tersebut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait