©shutterstock

7 Alasan Yang Membuat Si Kecil Merasa Malu

Melihat seorang anak kecil yang bersembunyi di belakang sang ibu saat bertemu orang asing, mungkin terlihat biasa saja. Namun, bagaimana jika kebiasaan si kecil ini dibawa hingga dewasa? Anda harus segera mengambil tindakan lho, jangan sampai si kecil mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya. Sebelumnya, ada baiknya jika Anda juga mengetahui alasan si kecil merasa malu.

Takut melakukan hal yang salah
Seseorang yang pemalu sangat peduli terhadap perkataan orang lain terhadapnya. Itulah yang membuatnya hanya diam dan bersembunyi dalam setiap situasi, karena mereka takut melakukan sesuatu yang salah.

Khawatir orang lain tidak akan menyukainya
Jika Anda menemui seorang anak kecil yang hanya diam saat ditanya, sebenarnya dia sangat ingin menjawab namun takut jika jawabannya akan membuat Anda tidak menyukainya.

Minder
Melihat kemampuan anak lain yang berani dan pintar, akan membuatnya semakin tenggelam. Rasa minder ini yang membuatnya tidak bisa maju untuk menjadi lebih baik, selangkah pun.

Trauma
pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan akan membekaskan trauma pada si kecil. Misalnya saja, jika pernah melakukan kecerobohan dan ditertawakan teman-temannya. Bagi anak yang mentalnya belum kuat, hal ini bisa jadi trauma yang mendalam, kemudian terciptalah sifat pemalu tersebut.

Merasa menjadi pusat perhatian
Dalam situasi tertentu, terkadang anak merasa setiap orang melihat ke arahnya dan sedang membicarakannya. Hal ini membuat si kecil merasa cemas dan takut menjadi bahan tertawaan.

Tidak diberi kesempatan untuk berinteraksi
Sifat pemalu juga bisa timbul karena pola asuh yang keliru. Terkadang para orang tua tidak memberi kesempatan pada anak untuk berkenalan pada orang asing yang sedang ditemui. Nah, hal ini membuat si kecil tidak tahu cara berinteraksi dan terkesan menjadi pemalu.

Lingkungan yang tidak nyaman
Memasuki lingkungan baru bukanlah hal yang mudah untuk siapapun, terutama bagi si kecil. Karena, mereka belum dibekali cara beradaptasi dan berinteraksi yang baik. Hal ini menjadikannya merasa tidak nyaman dan memilih untuk bersembunyi saja.

Itulah berbagai alasan mengapa si kecil merasa malu. Jangan biarkan sifat ini dipendam oleh si kecil ya, karena dapat berakibat buruk pada kehidupan sosialnya. Tumbuhkan rasa percaya dirinya dengan membiasakan berkomunikasi dengan orang lain. Jika si kecil tidak mau, jangan terlalu dipaksa, lakukanlah secara bertahap. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait