Pentingnya Mengajak Si Kecil Minum Susu di Gelas

Tahukah Bu, bahwa saat anak meminum susu dari botol ternyata memiliki dampak buruk. American Academy of Pediatrics (AAP) punya tips kesehatan untuk menghindari resiko tersebut. Caranya adalah anak mulai dikenalkan minum susu dengan gelas. Seperti hal-hal lain yang baru diperkenalkan kepada anak, tentunya minum susu dengan gelas memerlukan waktu dan proses. Memang terkadang tidak mudah mengajak anak-anak minum susu dari gelas. Apalagi bagi anak yang memang belum terbiasa. Tapi, tentunya Ibu ingin yang terbaik bagi kesehatan anak bukan?

Baca juga: Menyiasati Anak Tidak Suka Minum Susu
 

Sebelum memulai usaha mengajak si Kecil minum dari gelas, tentu Ibu perlu tahu manfaat minum susu di gelas.Apa saja manfaaatnya? Pertama, minum susu dengan gelas terjamin kebersihannya. Gelas aman digunakan untuk minum karena dimensinya berbentuk tabung terbuka sehingga mudah dibersihkan. Kedua, menjaga struktur gigi anak sehingga dapat tumbuh rapi. Dan ketiga, Anak menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.

Setelah mengetahui pentingnya anak minum susu dengan gelas, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya membiasakan anak Bunda minum susu dengan gelas. Yuk simak beberapa tips kesehatan berikut ini:

1. Mulai memperkenalkan minum susu langsung dengan gelas. Tetapi jangan memaksa si Kecil bila ia sulit minum susu di gelas. Ajaklah dengan lembut dan belailah anak dengan kasih sayang. Bila awalnya si Kecil masih menolak, Bunda bisa mulai dengan membantu anak minum susu dengan bantuan sendok dahulu.

2. Buatlah suasana yang menyenangkan saat minum susu, sehingga si Kecil semakin bersemangat minum susu.

3. Gunakan gelas yang terbuat dari bahan yang aman. Gelas plastik cocok digunakan untuk anak, agar tidak mudah pecah apabila terjatuh.

4. Sebaiknya gunakan gelas dengan motif dan warna yang menarik agar anak tertarik untuk minum susu. Gelas dengan gambar karakter kesukaan anak biasanya membuat anak bersemangat.

5. Jika menggunakan gelas transparan, tempelkan gambar menarik di bagian bawah gelas. Di bagian luar gelas tentunya, yang gambarnya baru bisa dilihat anak apabila ia sudah menghabiskan susunya.

6. Jangan menyeduh susu dengan air panas. Sebab, biasanya anak akan kesulitan memegang gelas berisi air panas. Susu panas juga membuat si Kecil kesulitan meminumnya.

7. Sebanyak mungkin tunjukkan contoh di hadapannya tentang minum di gelas. Anak-anak akan meniru apa yang kita lakukan. Anak-anak selalu berhasil mencontoh apa yang kita lakukan.

8. Menunjukkan contoh anak lain yang sudah memakai gelas juga merupakan proses yang penting. Tapi contoh tersebut dipakai untuk memotivasi, bukan sebagai sebagai alat untuk merendahkan si Kecil.

9. Berilah penghargaan yang dapat memperkuat kebanggaan si Kecil karena mampu minum dari gelas sendiri. Dengan kata-kata pujian, Ibu bisa membuat anak bertambah semangat.

Walaupun cara-cara di atas mungkin tidak langsung berhasil, intinya ada proses yang kita tempuh untuk mengajarkan anak minum pakai gelas. Proses inilah yang penting. Selain itu, kunci dari keberhasilan menjalankan proses tentunya adalah kesabaran dari Ibu. Jadi, selamat mencoba tips kesehatan tersebut, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait