Yuk, Ajak Anak Bermain di Luar Rumah

Hidup di era digital membuat anak akrab dengan beragam perangkat elektronik. Tak jarang, mereka sangat tergantung sehingga tak bisa lepas dari perangkat-perangkat itu.

Ketika makan, misalnya, mereka seringkali harus ditemani perangkat elektronik agar bisa duduk tenang. Padahal, terlalu banyak menggunakan perangkat elektronik bisa berpengaruh buruk bagi anak.

Seperti disampaikan psikolog anak Vera Itabiliana di situs AntaraNews, terlalu sering menggunakan perangkat elektronik justru bisa menghambat perkembangan kemampuan motorik, kognitif, dan sosial-ekonomi anak.

Maka, tak ada salahnya Ibu mulai sering mengajak anak bermain di luar rumah agar ketergantungan kepada perangkat elektronik bisa dikurangi. Tak perlu khawatir jika dengkul sang buah lecet akibat jatuh saat berlarian. Asalkan Ibu mengawasi dengan baik, potensi buruk tadi bisa dicegah, kok.

Berikut beberapa manfaat jika anak bermain di luar rumah:

- Terampil di Kehidupan Sosial
Jika anak sering bermain di luar rumah, ia akan memiliki kesempatan besar untuk belajar keterampilan sosial seperti berkenalan, berkomunikasi, dan menjalin hubungan secara lebih akrab dengan banyak orang. Nantinya, ia bakal mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Ibu tentu mau sang anak menjadi pribadi yang supel, kan?

- Mendorong Perkembangan Emosi Anak
Anak yang gemar bermain di luar bersama anak-anak lain akan mengenal banyak hal baru, seperti warna bunga atau jenis hewan. Pengalaman itu bakal memberikan perasaan bahagia bagi sang anak sehingga membantu perkembangan emosinya. Sang anak akan tumbuh dalam kebahagiaan.

- Menjauhkan Stres
Anak yang terkurung dalam rumah cenderung mudah jenuh. Akibatnya, semangatnya akan turun sehingga mudah terserang stres.

- Mengurangi Potensi Rabun Jauh
Berdasarkan studi dari Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, Tiongkok, anak yang menghabiskan waktu sebanyak 45 menit di luar sekolah setiap harinya akan meningkatkan daya penglihatannya.

"Potensi rabun jauh atau miopi berkurang," kata Mingguang He, salah seorang peneliti di universitas tersebut,seperti dilansir CNN Indonesia.


Nah, itu tadi beberapa manfaat jika anak bermain di luar rumah. Jadi, masih mau menahan anak berlama-lama di dalam ruangan, Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait