Agar Si Kecil  Bertanggungjawab Dengan Resolusinya

Agar Si Kecil Bertanggungjawab Dengan Resolusinya

Tren membuat resolusi di tahun baru semakin berkembang, tak terkecuali di kalangan anak-anak. Melihat antusias masyarakat menyambut pergantian tahun dengan membuat resolusi tak sampai membuat beberapa sekolah kehilangan akal. Murid-murid diajari untuk membuat resolusi sederhana yang tak lain menulis apa yang ingin mereka kerjakan di tahun yang akan datang. Meskipun hal ini sebatas pembelajaran buat si kecil, namun Anda dapat mendukungnya dengan mengingatkan si kecil agar belajar tanggung jawab dengan apa yang sudah ditentukannya.

Cara mudahnya dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Manfaatkan waktu bersama

Sesuai dengan perkembangan usianya, anak-anak masih membutuhkan pelukan dan kasih sayang seorang ibu. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berbicara seputar resolusi yang pernah dibuatnya. Beritahukan pada si kecil bahwa resolusi itu ibarat tanggung jawab. Jika sudah pernah membuatnya sebisa mungkin harus bisa menjalankannya, seperti saat si kecil menuliskan tidak makan yang manis-manis lagi, maka Anda dapat mengingatkannya sembari memeluknya agar tidak terlalu banyak memakannya.

Bantu mewujudkan

Jika si kecil sudah mau berkomitmen, tugas Anda berikutnya terus membimbing dan memantau agar dia benar-benar melakukannya. Pilihan untuk tidak banyak makan junk food misalnya, maka saat jalan-jalan ke mal melihat restoran cepat saji harus mengingatkan si kecil agar tidak mudah tergoda. Sebagai gantinya Anda bisa mengajak si kecil ke restoran yang menyajikan menu panggang seperti bistik ikan.

Buat lebih mudah diingat

Agar si kecil tidak sampai lupa dengan resolusinya, tempelkan di tempat yang mudah terlihat di rumah. Menempelkan di kulkas bisa menjadi cara yang tepat, karena bisa mengingatkannya manakala dia diam-diam ingin memakan kue tart sisa perayaan tadi malam. Tempelkan juga tulisan resolusi si kecil tersebut di kamar dengan tulisan yang besar. Dia akan lebih mudah mengingatnya baik sebelum maupun sesudah tidur.

Kontrol berkala

Orang dewasa saja kadang masih suka melanggar pantangan dalam resolusinya, apalagi anak-anak yang masih senang menjalani hidup sesuka hatinya. Melakukan kontrol secara berkala dibutuhkan agar si kecil tetap ingat dan tak sampai lupa. Namun begitu, jangan sampai memaksa anak melakukannya. Sebab, bagaimanapun ini bagian dari pengenalan dan jika si kecil merasa berat menjalaninya Anda harus memberikan toleransi.

Lewat cara-cara tersebut si kecil bisa mencoba menjalankan resolusinya secara optimal serta tak ada beban paksaan karena Anda selalu memberikan perhatian kepadanya. Semoga berhasil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait