Agar Si Kecil Tidak Lagi Pemalu

Sembari bersembunyi di belakang Anda, si kecil hanya tersenyum ringan. Kebiasaan ini seolah sangat kental untuk menggambarkan sifat pemalu pada anak. Mulanya menjadi sesuatu yang biasa, namun jika dibiarkan begitu saja sifat malu pada anak akan terbawa hingga dia tumbuh dewasa. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda perlu mengajarkan pada si kecil untuk tampil berani dan percaya diri. Supaya dia tak malu-malu lagi, yuk simak tipsnya berikut ini.

Belajar menyapa

Hal pertama yang perlu Anda ajarkan pada si kecil adalah bagaimana menyapa orang yang benar. Kebiasaan menyapa orang lain menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengasah keberanian dan kepercayaan diri pada anak. Latih dengan perlahan dan sesuaikan dengan kemampuan anak. Anda dapat memulainya dengan menyuruh si kecil untuk menyapa Anda, saudara yang lebih tua, kakek, nenek hingga tetangga yang ada di kiri-kanan rumah.

Latihan tanya jawab

Jika si kecil sudah lihai menyapa orang lain, berikutnya kembangkan kemampuan bicaranya dengan berlatih tanya jawab. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak agar semakin baik. Bila dalam kalimat sapaan si kecil hanya akan mengucapkan salam atau 'halo', selanjutnya ajari anak dengan pertanyaan dan cara menjawabnya. Misalnya saja, jika si kecil bertemu dengan orang lain dorong dia untuk menanyakan 'Bagaimana kabarnya hari ini?' dan suruhlah dia menjawab 'baik-baik saja' saat ditanya balik oleh orang lain.

Biarkan meniru orang lain

Setiap anak selalu memiliki idola yang digemarinya. Dia juga akan menirukan ragam aktivitas, termasuk cara bicaranya. Biarkan anak mengembangkan kreativitas dan kebiasaannya tersebut saat  tampil di hadapan umum. Seperti contohnya, si kecil berlari-lari sambil menggunakan kostum superhero andalannya. Cara ini akan membuat anak melatih kepercayaan diri dan tak malu sejak dini.

Libatkan dalam aktivitas

Apabila Anda dan keluarga sedang santai di rumah, cobalah untuk berbincang-bincang satu sama lain. Libatkan si kecil agar dia lebih terangsang untuk lebih berani mengungkapkan perasaannya. Demikian pula saat Anda pergi ke luar. Bilamana memungkinkan, ajak si kecil seperti pergi belanja atau hanya sebatas ke pusat keramaian. Semakin sering bergaul dengan  banyak orang, dia akan terbiasa untuk tidak malu-malu dan lebih berani serta tampil percaya diri.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda ajarkan kepada si kecil agar tidak menjadi anak yang pemalu lagi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait