Ajak Anak Beryoga

Anak-anak sekarang hampir sama sibuknya dengan orang tua. Hari-hari mereka selalu padat terisi. Tak hanya bersekolah, banyak anak juga mengikuti pelajaran tambahan, les bahasa atau kegiatan ekstrakulikuler. Waktu bermain semakin berkurang.
Untuk mengimbangi kegiatan anak yang banyak menyedot energi, ada baiknya Anda mengajak anak berlatih yoga. Kegiatan ini memang tidak sepopuler jenis olahraga lain. Namun yoga memiliki kelebihan dibandingkan olahraga yang cenderung hanya melatih fisik.
Kegiatan meditasi yang berasal dari India ini bertujuan membuat tubuh, pikiran, serta jiwa menjadi suatu kesatuan yang harmonis. Yoga tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.
Pada dasarnya, gerakan-gerakan yoga yang diajarkan kepada anak tidak berbeda dengan yang diajarkan kepada orang dewasa. Akan tetapi, metode pengajaran yoga untuk anak dibuat lebih menyenangkan. Misalnya menamai tiap-tiap gerakan dengan nama binatang. Selain menjauhkan kesan formal dan kaku, hal ini juga membuat anak lebih mudah mengingat tiap-tiap gerakan.
Selain itu durasi tiap-tiap pose berlangsung dalam waktu relatif singkat. Hal ini diperlukan karena anak-anak masih belum bisa berkonsentrasi penuh untuk melakukan satu kegiatan dalam waktu yang cukup lama serta untuk menghindari kebosanan.

Manfaat Yoga bagi si kecil

1 memperbaiki postur tubuh
Pose-pose dalam yoga tidak hanya berguna untuk membuat otot menjadi lebih lentur, tapi juga bisa memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna. Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh anak-anak adalah kelenturan otot-otot mereka. Karena itu, postur tubuh yang kurang semourna bisa segera diperbaiki sebelum terlambat. Selain itu, mereka akan lebih mudah menyerap gerakan-gerakan yang diajarkan.

2 Mengontrol emosi
Selain belajar pose-pose tertentu, yoga juga mengajarkan cara bernafas yang benar. Latihan mengatur napas bisa berguna dalam mengontrol emosi. Jika sudah berhasil mengendalikan gejolak emosi, nak-anak akan menjadi lebih tenang.

3 Meningkatkan daya konsentrasi
Selain untuk kesehatan fisik dan jiwa, yoga sebenarnya juga bermanfaat untuk  meningkatkan daya konsentrasi. Karena banyak gerakan yoga yang dilakukan dengan penuh konsentrasi penuh.

4 Membantu mengatasi rasa takut
Setiap pose dalam yoga sebenarnya akan menghasilkan efek psikologis yang berbeda-beda. Contohnya pose backbend. Saat melakukan pose ini kita melengkungkan tubuh ke belakang sehingga dada membusung ke atas. Sebenarnya, pose ini memiliki efek menambah kekuatan dalam diri.

Beryoga Bersama
Manfaat yoga baru bisa dipetik jika anak berlatih. Tidak ada salahnya jika Anda memintanya untuk melatih kembali tiap-tiap gerakan yang telah diajarkan walau dia tidak berada di kelas yoga. Bahkan, Anda juga bisa beryoga bersama bersama si kecil untuk meningkatkan semangatnya. Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika Anda juga mengikuti kelas yoga.

Tip beryoga bersama anak:
Jadikan kegiatan yoga bersama anak sebagai ritual harian untuk berelaksasi. Lakukan di pagi hari sebelum anak pergi sekolah atau di malam hari sebelum anak lelap tertidur.

Tidak perlu beryoga untuk waktu yang lama. Cukup sepuluh sampai dengan lima belas menit setiap hari. Sebab, yang terpenting adalah anak melakukannya dengan senang hati dan tidak merasa dipaksa.

Untuk menjadikan kegiatan ini lebih menyenangkan, ciptakan ruang khusus bagi Anda berdua untuk berlatih yoga. Cobalah mendekorasi ruangan sedemiian rupa setiap ingin beryoga. Misalnya dengan mengalasi lantai dengan taplak, atau menyalakan lilin warna-warni.

Tantang anak Anda untuk melakukan kompetisi kecil.
Misalnya, berapa lama dia bisa bertahan untuk melakukan satu pose. Tapi jangan jadikan ritual ini menjadi ajang adu kemampuan. Soalnya tujuan awal latihan ini adalah untuk membiasakan anak untuk melenturkan otot dan mengendalikan diri.


Share artikel ini:

Artikel Terkait