@shutterstock

Ajak Si Kecil Bergerak Agar Tak Hobi Nonton TV

Sebagai orang tua, mungkin Anda pernah berpikir bahwa kebiasaan saat kecil dulu sangat berbeda dengan kebiasaan buah hati sekarang. Jika dulu Anda sering menghabiskan waktu di luar dengan bermain bersama teman-teman, maka hal demikian sudah jarang ditemukan. Anak-anak lebih memilih asyik nonton TV atau bermain gadget di dalam rumah. Bahkan, mereka bisa betah hingga seharian.

Jika sudah demikian, segera ambil langkah untuk mengatasinya. Tujuannya si kecil dapat kembali beraktivitas di luar bersama teman-temannya. Lantas, apa yang perlu dilakukan? Berikut ini tips pintarnya.

Jangan biasakan nonton sendiri
Cobalah untuk berpikir dua kali sebelum Anda benar-benar yakin untuk meninggalkan si kecil di depan layar TV. Banyak kegiatan sehat yang masih bisa dilakukan, seperti mengajak si kecil jalan-jalan pagi atau mungkin bersepeda keliling taman. Tentunya hal ini lebih baik daripada membiarkannya kecanduan menonton TV di waktu yang akan datang.

Atur program TV
Beberapa televisi model keluaran sekarang sudah memiliki pengontrol program. Aturlah waktu maksimum si kecil nonton TV. Dengan cara ini, TV akan mati dengan sendirinya saat waktu pengaturannya tiba. Jangan lupa untuk mengatur program  yang sesuai dengan usia dan mendidik tentunya.

Batasi waktu bermain game
Selain TV, tayangan lain yang perlu dibatasi penggunaannya adalah video game dan gadget. Jangan memberikan peralatan bermain canggih ini secara leluasa pada anak-anak. Jika perlu, Anda cukup mengeluarkannya saat weekend dan memasukkannya dalam lemari saat weekday. Si kecil pun lebih fokus untuk belajar dan beraktivitas di luar.

Jangan memasang TV di kamar
Daripada memberikan fasilitas pada anak dengan meletakkan TV di kamar si kecil hanya akan membuat jam menontonnya menjadi tidak terkontrol. Si kecil lebih memilih untuk di dalam kamar, malas ke luar untuk bermain bersama teman-temannya. Dampak lebih parahnya, keberadaan TV di kamar anak akan membuat aktivitas belajarnya terganggu dan si kecil menjadi malas berangkat sekolah.

Jika hal tersebut sudah Anda terapkan, kini ajaklah bersama-sama si kecil untuk pergi ke luar menikmati udara segar. Bermain di taman atau bersepeda bersama bisa menjadi pilihan yang mudah untuk dilakukan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait