Ajak Si Kecil Beryoga Untuk Melatih Konsentrasinya

Menerapkan yoga untuk anak merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi anak. Gerakan yoga untuk anak menuntutnya untuk lebih fokus pada gerakan-gerakannya. Selain itu, melalui gerakan yoga, anak juga diajarkan tentang bagaimana menggunakan napas untuk mengatur emosi juga mengajarkan relaksasi. Hal ini sangat penting diketahui bagi guru dan murid-murid agar proses belajar dapat berlangsung dengan optimal. Dengan daya fokus dan konsentrasi yang baik, hal ini pun akan membantu anak dalam proses belajarnya di sekolah maupun di rumah. Anak bisa lebih mudah menerima materi pelajaran yang diberikan.

Tak hanya itu, Rita Kosasih, Certified Iyengar Yoga Teacher, mengatakan bahwa gerakan yoga yang bervariasi bisa mempertajam panca indera dan konsentrasi anak menjadi lebih lama. Variasi gerakan yoga melatih anak untuk fokus melalui mata. Melalui mata, anak dilatih untuk  sadar terhadap situasi di sekitarnya dan secara alamiah membangun kekuatan untuk konsentrasi tanpa adanya paksaan, karena mengajarkan yoga untuk anak dilakukan seperti bermain. Ketika mata anak stabil dalam membuat gerakan, maka pikiran menjadi stabil, dengan demikian proses belajar pun menjadi lebih mudah.

 

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Anak Lewat Yoga

Begitu juga menurut Tina Maladi, pendiri Kids Yoga Jakarta, ada banyak sekali manfaat yoga bagi anak. Yoga membantu anak secara fisik maupun pikiran. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan jiwa, fisik dan emosional, yoga juga sangat bermanfaat untuk mengatasi stres pada anak.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami stres, terlebih lagi kadang mereka kesulitan dalam mengungkapkan stres, sehingga Ibu pun tak mengerti akan apa yang mereka rasakan. Tanda-tanda stres pada anak bisa terlihat seperti nafsu makan menurun, sering berdiam diri, menangis dan lain-lain.

Dengan rajin melakukan yoga, anak dapat menjadikan yoga tersebut sebagai alat untuk menolong dirinya dalam mengobati stres. Misalnya, jika si anak gelisah atau nervous saat menjelang ujian, yoga bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri dan juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak yang berguna dalam kehidupan sosial di luar rumah. 

Melihat besarnya manfaat yoga bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, maka bisa dikatakan yoga adalah investasi yang tak ternilai untuk anak-anak. Jadikan yoga sebagai kegiatan rutin untuk olahraga si kecil ya bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait