©shutterstock

Ajak si Kecil Menjelajah Hutan Mangrove Yuk

Indonesia kaya akan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Ada gunung, pantai, padang savana, hingga surga bawah air yang tidak ada duanya. Wah, liburan depan ajak si kecil mengenal Indonesia lebih dekat yuk. Ajak dia pergi ke hutan mangrove untuk mengenalkannya dengan tanaman penyelamat ini. Di Indonesia sendiri ada banyak wisata mangrove yang bisa dikunjungi, berikut di antaranya.

Taman Mangrove, Surabaya

Mendengar nama Surabaya pasti yang terlintas adalah hawanya yang panas dan rawonnya yang sangat enak. Namun, siapa sangka ternyata ibu kota Jawa Timur ini punya wisata hijau yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Untuk mencapai taman mangrove ini, pergilah ke daerah Wonorejo, kawasan Pantai Timur Surabaya. Jika ingin berkeliling, Anda bisa naik perahu bersama wisatawan lainnya atau Anda juga bisa mengelilingi kawasan ekowisata ini dengan jogging di area jogging track yang terbuat dari anyaman bambu. Menarik  bukan?

Tahura, Bali

Selain sebagai obyek wisata, taman hutan raya ini juga menjadi Mangrove Information Center. Di tempat ini, si kecil bisa sekaligus belajar pembibitan dan cara melestarikan tanaman mangrove. Tempatnya juga asik untuk berfoto bersama lho. Banyak pasangan yang melakukan foto prewedding di sini.  Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menaiki bus transbagita atau menyewa mobil sendiri drai hotel tempat Anda menginap.

Bekantan Mangrove Conservation Park, Tarakan

Keluar dari pulau Jawa, ajak si kecil main ke Kota Tarakan yuk! Sekitar satu kilometer dari pusat kota, terdapat pusat konservasi mangrove yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Selain tanaman, di sini si kecil juga bisa bertemu dengan monyet khas kalimantan, yaitu Bekantan. Hutan mangrove ini memang menjadi pusat dari habitat mereka. Sayangnya saat ini bekantan mulai sulit ditemui karena eksploitasi yang dilakukan oleh manusia. Wah.. kasihan ya?

Mengajak si kecil berwisata alam itu mengasyikkan. Kesadarannya akan lingkungan akan meningkat dan kecintaannya pada alam akan semakin besar. Pengetahuannya juga bertambah luas karena di alam, si kecil bisa menemukan banyak hal menarik yang tidak bisa didapatkannya dari hiruk pikuk kota. Selamat berlibur ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait