Aktivitas Permainan Keluarga dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

Waktu bersama keluarga memang menjadi hal yang paling sulit untuk didapatkan, apalagi bagi Ibu yang memiliki kegiatan super sibuk karena bekerja. Waktu bermain bersama si kecil pun menjadi sedikit. Padahal bermain merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi.  Si kecil perlu mendapat kesempatan bereksplorasi dan mengembangkan imajinasinya.

Oleh karena itu, Ibu harus lebih sering menyisihkan waktu untuk bermain bersama dengan si kecil. Buat aktivitas bermain dengan permainan keluarga yang seru dan menyenangkan. Ternyata ada banyak sekali manfaat permainan keluarga.  Menemani si kecil sambil melakukan aktivitas permainan keluarga  seperti menyusun balok, lego, puzzle tidak hanya menyenangkan, namun juga merupakan suatu bentuk dukungan orang tua terhadap tumbuh kembang si kecil. Berikut ini manfaat berharga yang akan si kecil rasakan lewat aktivitas permainan keluarga.

 

  • Mempererat hubungan keluarga

Banyak manfaat dari bermain dengan anak, salah satunya hubungan orang tua dan anak akan semakin erat. Semakin sering menghabiskan waktu bersama keluarga maka semakin kuat ikatan yang terbentuk. Permainan keluarga seperti menyusun balok, lego, puzzle, merupakan permainan keluarga yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga.

 

  • Mengurangi stress 

Tak hanya orang tua, si kecil pun juga bisa mengalami stress. Dengan aktivitas permainan keluarga dapat mengurangi stres pada anak dan juga mendorong perilaku anak ke arah yang lebih positif. Permainan keluarga bisa menjadi bahan penyalur penat dan stress yang tepat bagi si kecil.

 

  • Membangun komunikasi agar lebih efektif

Sebagai Ibu yang bekerja, kesibukan pun membuat Ibu jarang bertemu dengan si kecil. Namun di tengah kesibukan yang dihadapi, Ibu tetap harus meluangkan waktu untuk bermain dengan si kecil. Dengan sering bermain bersama anak-anak akan merasa bahwa orang tua mereka adalah teman sendiri, komunikasi jauh lebih baik dan dekat. Dengan terciptanya komunikasi yang baik antara satu sama lain, maka kedekatan emosi antar keluarga pun akan semakin erat.

 

  • Membangun suasana lebih bahagia

Tak hanya sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton tv atau makan bersama saja. Lewat permainan keluarga, Ibu dan si kecil bisa merasakan suasana yang lebih bahagia dan berbeda dari aktivitas biasanya.

 

  • Lebih mengenal karakter masing-masing

Dengan melakukan aktivitas permainan keluarga, orang tua dan anak juga bisa saling mengenal karakter masing-masing lebih dalam. Saat bermain, si kecil akan lebih lepas dalam mengekspresikan diri, sehingga bermain bisa menjadi sarana edukasi yang tepat bagi orang tua untuk dapat membimbing dan mengarahkan si kecil dengan tepat.

 

  • Melatih kemampuan si kecil

Bermain memang bukan kegiatan serius, namun haruslah menyenangkan. Meski begitu, saat bermain si kecil juga belajar dan menyerap pengetahuan, serta melatih kemampuannya dalam menyelesaikan masalah.

 

  • Belajar bekerja sama

Permainan keluarga tidak hanya bisa dimainkan sendiri, justru akan lebih asyik jika dimainkan juga oleh seluruh anggota keluarga. Dengan permainan keluarga, seperti menyusun lego atau puzzle, maka si kecil akan belajar arti kerja sama dengan keluarga untuk menyelesaikan puzzle hingga selesai.  

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait