Aktivitas Seru Bersama si Kecil!

4 ide mengisi waktu luang bersama anak dengan cara edukatif namun tetap fun.

Kata siapa mengajak anak mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal menarik itu sulit? Jauhkan segala macam game elektronik yang membuat anak enggan beranjak dari tempat duduknya yang nyaman. Bangkitkan rasa seni, sensitivitas rasa, dan tingkatkan konsentrasi si buah hati dengan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan kita sebagai ibu dan anak-anak secara bersama-sama.



1. Let’s Cook


Memasak tak hanya bisa dilakukan oleh ibu. Ajak anak untuk membuat beberapa menu yang simpel. Tahukah Anda, cara ini selain menyenangkan juga bisa melatih konsentrasi serta daya ingatnya. Secara tak langsung ia akan berusaha mengingat bahan makanan yang dibutuhkan dalam mengolah sebuah menu.


Selain itu, dengan memasak bersama, anakjugasemakin terbiasa dengan berbagai tekstur dan rasa sebuah masakan. Aktivitas ini pun secara langsung bisa meningkatkan kedekatan serta keharmonisan dengan  buah hati.


2. Gardening Time!


Walau butuh waktu yang tak sedikit untuk melihat hasilnya, mengajak anak menanam buah, sayuran, bunga, atau rempah-rempah bisa mengajarkan anak untuk berkontribusi mempercantik alam ini. Biarkan mereka menanam benih, menyiram, dan memberikan pupuk agar anak merasa terlibat dan bangga. Jika tidak memiliki kebun yang tak cukup memadai, ajak anak untuk sekadar menanam tanaman hias di dalam sebuah pot.

3. Scrapbooking


Ini tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Yang kita butuhkan hanyalah menyediakan bahan yang dibutuhkan membuat scrapbook. Mengajak anak mengerjakan aktivitas ini akan ‘memaksanya’ meningkatkan daya kreativitasnya. Dengan mengerjakan scrapbook yang temanya telah ditentukan bersama, anak akan mulai mengasah imajinasinya. Si Kecil pun akan berusaha agar hasilnya nanti akan menarik dipandang mata. Jangan lupa berikan pujian padanya setiap selesai mengerjakan scrapbook.


4. Reuse Old Clothes


Punya pakaian anak yang sudah tak digunakan? Ketimbang membuangnya, ajak anak untuk menggunakannya kembali tetapi dalam bentuk yang berbeda. Inilah saatnya mengajarkan mereka aktivitas daur ulang. Jadikan kaos lama menjadi sarung bantal lucu atau ubahlah pakaian menjadi boneka kain yang bisa dijadikan teman bermain. Jangan lupa untuk memberikan warna-warna menarik supaya enak dipandang mata.

Share artikel ini:

Artikel Terkait