@shutterstock

Aktivitas Seru Dukung Gaya Hidup Sehat Anak

Orang tua mana yang tak senang melihat anaknya bisa jalani hidup sehat. Berlarian menelusuri taman, gemar makan makanan sehat, tidur tepat waktu dan juga rajin belajar. Hal-hal semacam ini tentu sangat diharapkan oleh banyak orang tua. Maka dari itu beragam dukungan perlu Anda berikan agar si kecil dapat memaksimalkan gaya hidup sehatnya. Salah satunya lewat beragam aktivitas yang seru di bawah ini.

Dekatkan dengan seni
Aktivitas pertama yang bisa dikenalkan pada si kecil adalah kegiatan kesenian. Dunia seni tak hanya sebatas membuat orang lebih peka terhadap warna, bentuk dan estetika. Seni juga akan mengajarkan anak akan kreativitas yang tak bisa dimaknai dengan  sebuah teori. Sebab, seni lebih mengembangkan imajinasi yang cenderung dikontrol oleh otak kanan. Jika kedua otak anak bisa bekerja dengan seimbang, maka kecerdasan si kecil juga akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Kegiatan pengulangan
Maksudnya, ajarkan si kecil dengan kegiatan yang mengasah kemampuan otak dengan metode pengulangan. Aktivitas ini dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan banyak hal baru. Kemampuan otak anak memiliki batasan untuk menyerap memori secara penuh dalam satu momen. Lewat kegiatan pengulangan si kecil bisa lebih mudah mengingat secara keseluruhan semua materi yang Anda berikan. Misalnya saja, belajar menghafal angka, huruf dan beberapa nama hewan dan buah-buahan.

Membuat beragam kreativitas
Selain mengembangkan kemampuan motorik anak dengan beragam pengetahuan baru, si kecil juga perlu dirangsang kemampuan sensoriknya dengan membuat banyak kreativitas. Aktivitas ini tak hanya seru untuk dilakukan, tetapi juga akan mengasah kecerdasan si kecil. Dia juga akan terbiasa mengembangkan ide-ide baru dan lebih terampil untuk menjadikan suatu benda menjadi lebih berguna. Membuat origami dari kertas bekas, pigura dari ranting pohon adalah beberapa contoh wujud kreativitas yang bisa diaplikasikan.

Mengingat dengan bernyanyi
Apalagi sih yang bisa membuat anak berekspresi secara bebas selain bernyanyi? Aktivitas seru yang satu ini memang sangat disukai oleh anak-anak. Terlebih alunan musik yang mengiringinya kian membuat si kecil gembira. Pilihlah lagu-lagu yang mendidik dan memberikan pengetahuan baru baginya. Jika Anda pandai membuat lagu, tak ada salahnya untuk membuat syair dari beberapa pelajaran atau mungkin wawasan baru kepada si kecil.

Dengan aktivitas-aktivitas seru ini si kecil bisa tumbuh dan berkembang lebih baik. Dia pun bisa memaksimalkan masa-masa kecilnya dengan lebih maksimal. Hasilnya, buah hati Anda akan tumbuh sehat secara fisik dan pintar secara pemikiran.

Share artikel ini:

Artikel Terkait