“Aku Sayang Bunda”

Kasih ibu pada anaknya memang tak pernah mengenal batas. Mulai baru dilahirkan hingga tumbuh menjadi dewasa, ibu tak pernah lupa anaknya. Sayangnya hal ini tak pernah berbanding lurus dengan kasih sayang anak kepada ibunya. Tanpa didikan dan pengenalan cara menghargai orang tua sejak dini,  si kecil bakal lebih sulit untuk membiasakannya saat dewasa. Supaya buah hati kelak bisa tetap mencintai dan berbalas baik pada Anda saat hari tua, simak tipsnya sebagai berikut.

Orang tua selalu menemani anak baik sehat maupun sakit

Hal pertama yang perlu Anda edukasikan pada si kecil tak lain tentang kasih sayang orang tua baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Tak ada orang tua yang hanya mendekati anaknya kala sehat dan mengabaikannya saat sakit. Ibu selalu menyayangi buah hatinya apapun keadaannya. Jadi beritahukan si kecil jika sudah besar kelak harus menyayangi ibu dan ayahnya seperti itu.

Orang tua bahagia saat anaknya bahagia

Walau sebatas menang lomba atau bermain bola dengan teman-temannya, mintalah si kecil untuk menceritakan semuanya pada Anda. Ibu akan selalu senang mendengarkan setiap omongan buah hatinya. Tanamkan sikap ini pada si kecil, agar bisa menjadi kebiasaan baik dan selalu Anda dengarkan ceritanya sampai masa tua tiba.

Orang tua selalu bangga dengan anaknya

Anak yang pintar dan berprestasi selalu membanggakan orang tuanya. Ibu akan menjadi orang pertama yang akan mengucapkan selamat manakala anaknya sukses dengan mimpi dan usaha yang telah dilakukan. Sebaliknya, Anda juga perlu menanamkan sikap bangga dengan orang tua kepada si kecil. Di bisa tumbuh seperti demikian berkat kasih sayang orang tua, sehingga dia perlu membanggakan jasa orang tua yang telah berjuang keras demi dirinya.

Orang tua selalu menyembunyikan kesusahannya

Walau tak ada orang tua yang mau berbagi kisah kesedihan atau kesusahannya pada buah hatinya, tapi tak ada salahnya untuk memberikan edukasi pada hal ini. Beritahu si kecil bahwa orang tua tidak pernah tega melihat anaknya sedih atau susah. Oleh karena itu, si kecil perlu mengerti kondisi orang tua dan tak sampai membuat Ayah-Ibunya kecewa.

Nah, biar buah hati elalu pintar dan menyayangi Anda setiap saat, coba edukasikan hal-hal tersebut pada si kecil ya. Semoga berhasil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait