Anak Jadi Korban Bullying, Apa Yang Harus Anda Lakukan?

0754105c2531da0074913c8deaeee22be7d76fa3.jpeg

Bullying merupakan salah satu kejadian yang cukup marak dikalangan anak-anak. Namun, yang terburuk adalah si pelaku sering kali tidak sadar telah melakukan hal jahat yang bisa merusak kesehatan korban. Menurut situs kidshealth, bullying bisa mengakibatkan si korban mengalami gangguan mental dan ketakutan. Bahkan ada lho yang sampai bunuh diri gara-gara tidak tahan menghadapi bullying yang dilakukan oleh orang-orang sekitarnya. Ngeri ya?

Untuk mengetahui tanda-tanda si kecil mengalami bullying, Anda bisa melihatnya dari tingkah laku selama berada di rumah.  Jika si kecil selalu berkata, “Aku tidak ingin pergi sekolah lagi,” atau dia terlihat malas ketika tiba waktunya berangkat sekolah, bisa jadi si kecil telah menjadi korban bullying. Wah.. bagaimana ya cara mengatasi hal ini? Cari tahu yuk!

Lakukan pendekatan

Terkadang anak-anak tidak mau menceritakan kejadian yang telah dialaminya. Bu, sebagai orang tua mulailah pendekatan untuk menanyakan masalah si kecil. Saat makan siang, Anda bisa mengajaknya ngobrol santai dengan cemilan dan teh hangat. Pancing si kecil untuk membuka semua rahasianya. Setelah mengetahui kalau si kecil menjadi korban bullying, berikan dia suntikan semangat agar berani menghadapi si pelaku.

Koordinasi dengan guru di sekolah

Jika si kecil mengalami bullying di sekolah, jangan segan untuk meminta bantuan guru. Ajak guru bekerja sama dalam memerangi bullying agar kegiatan di sekolah tetap aman dan tentram. Lagi pula guru memilki kewenangan lebih dalam urusan sekolah, dan ketika Anda mangjaknya bekerja sama, maka si kecil akan tenang.

Tindakan lanjut

Jika si kecil sampai mengalami bullying  secara fisik, segera ambil tindakan lebih dengan melaporkan ke pihak berwajib. Meskipun terbilang cukup ekstrim, tapi tindakan kekerasan sudah keterlaluan. Selain mengganggu kesehatan, kekerasan juga menghancurkan mental korban bullying sehingga dia semakin takut dan tidak mau pergi ke sekolah.  Jadi jangan ragu untuk melakukan tindakan ini.

Bullying memang berbahaya jika dibiarkan saja. Segera ambil tindakan agar si kecil tidak sampai jatuh terlalu dalam. Semoga informasinya bisa membantu ya.