@shutterstock

Aneka Aktivitas Seru Peringati Hari Bumi

Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April adalah saat yang tepat untuk mendidik anak-anak tentang pentingnya menjaga planet ini tetap bersih dan indah. Jadikan hari tersebut bukan tentang perayaan selama sehari, tapi tentang perubahan gaya hidup yang akan memberikan efek positif setiap hari sepanjang tahun.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama si Kecil untuk mengenalkan Hari Bumi. Ikuti penjelasannya berikut ini ya.

Karnaval Hijau

Gunakan kesempatan ini untuk mengadakan acara karnaval hijau bersama tetangga sekitar rumah, keluarga besar, atau teman-teman sekolah si Kecil. Pilih tempat umum yang kotor, berantakan, dan gersang. Lakukan kerja bakti untuk membersihkan area tersebut, kumpulkan sampah-sampah yang berserakan, rapikan pohon yang ada, dan tanam beberapa jenis tumbuhan yang menguntungkan, misalnya yang dapat menyerap polusi, toga, atau tanaman buah yang bisa dinikmati bersama. Melakukan penanaman tidak hanya membuat lingkungan terlihat asri dan hijau, tapi juga menjadi sarana untuk konservasi air tanah dang mengurangi polusi udara.

Pilah Sampah

Mulailah dari rumah Anda sendiri. Pilah-pilah pakaian bekas, mainan, dan buku yang masih layak untuk disumbangkan pada yayasan social. Biasakan juga pada seluruh anggota keluarga untuk memisah-misahkan sampah untuk daur ulang. Siapkan 3 tempat sampah dan beri stiker untuk memudahkan anak-anak membedakannya. Misalnya, gambar makanan untuk sampah sisa makanan, minuman, atau yang mudah membusuk, gambar kertas untuk sampah kertas, , serta gambar botol untuk tempat membuang botol kaca, plastik, maupun kaleng alumunium. Cara ini juga disebut dengan recycle, yang akan memudahkan proses daur ulang sampah.

Poster Tentang Bumi

Ajak si Kecil membuat poster yang bertemakan hari bumi. Cari informasi melalui internet, buku, atau majalah tentang cara-cara sederhana untuk menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan. Anda bisa menggunakan bahan-bahan bekas atau yang sudah tidak digunakan untuk membuat poster, misalnya kertas kardus atau kertas daur ulang buatan sendiri sebagai bahan poster. Hias dengan daun dan bunga kering, cd bekas, gelas, atau botol plastik. Pastikan tidak ada tepian yang tajam, berkarat, atau bagian-bagian kecil yang menimbulkan bahaya tersedak pada si Kecil. Asah imajinasinya untuk membuat poster yang menarik dan informatif bagi orang lain.

Rayakan Hari Bumi dengan kegiatan seru dan bermanfaat, untuk menanamkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait