Antri Dulu ya, Nak!

Budaya mengantri memang perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Mengingat begitu rendahnya kesadaran masyarakat mengantri, maka Anda dapat mulai menegakkannya kembali. Minimal dari diri sendiri maupun dari keluarga, termasuk di antaranya adalah anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Mengantri tidak hanya akan membuat kehidupan sosial lebih aman dan disiplin. Membiasakan diri mengantri, orang bisa saling menghargai hak satu sama lain. Mereka akan sadar bahwa setiap orang memiliki kesibukan, demikian juga dengan Anda. Jika bisa menghargai satu sama lain, maka kerukunan hidup pun bisa ditegakkan.

Selain itu, Anda juga bisa menghidupkan tenggang rasa satu sama lain dengan orang-orang yang ada di sekitar. Kehidupan pun akan jauh lebih indah dan juga penuh dengan ketentraman. Bila Anda sukses menerapkan sikap mengantri pada diri sendiri, berikutnya dapat Anda terapkan pada si kecil. Mula-mula beritahukan pada anak bahwa mengantri itu penting agar tidak mudah menyakiti orang lain.

Berikutnya, ajarkan pada anak dengan mempraktikkannya langsung. Misalnya saja, ajak anak pergi ke supermarket atau mesin ATM. Mintalah si kecil untuk mengamatinya. Mesin ATM menjadi salah satu tempat yang sangat baik untuk menunjukan contoh aplikasi antrian secara langsung. Orang tak akan menyerobot untuk masuk walau sedang terburu-buru.

Demikian pula dengan loket pembayaran di supermarket. Ajaklah si kecil masuk dalam antrian pembayaran. Dia akan mengamati dan menanyakan kepada Anda, kenapa orang-orang begitu tertib berbaris. Jika dia sering mengamati dan melakukan praktik langsung bersama dengan Anda, maka anak akan membudayakan untuk mengantri dari sekarang.

Selain dengan cara ini, sebenarnya anak sudah mendapatkan pelajaran mengantri saat di sekolah. Kegiatan baris-berbaris sebelum si kecil masuk ke kelas, juga akan melatihnya peka dalam menunggu giliran. Adanya kegiatan praktik mengantri langsung di tempat umum, akan mendorong kesadaran diri anak agar benar-benar dapat mengutamakan antrian di tempat umum.

Share artikel ini:

Artikel Terkait