©shutterstock

Apa Itu Reboisasi?

Menurut National Geographic Organization, hutan hujan akan punah dalam 100 tahun ke depan bila terus menerus ditebang. Hal ini bisa menyebabkan perubahan iklim dan hilangnya jutaan spesies flora dan fauna.

Salah satu cara untuk mengembalikan fungsi hutan adalah melalui penanaman kembali atau reboisasi. Agar hutan kembali lestari, yuk ajarkan pentingnya reboisasi pada si Kecil.

Gunakan Alat Bantu Visual

Bantu si Kecil untuk memahami konsep reboisasi dengan menggunakan film atau animasi, yang menunjukkan apa yang bisa terjadi ketika kerusakan hutan terjadi. Dampingi saat menonton untuk memberitahu akibatnya bagi lingkungan tempatnya tinggal dan tindakan apa yang bisa dilakukan untuk membantu hutan kembali berfungsi, yaitu melalui reboisasi.

Mengunjungi Hutan

Jika terdapat hutan kota di dekat tempat tinggal Bunda, bawa anak-anak kesana untuk memberikan pemahaman tentang apa itu hutan, ekosistem di dalamnya, dan apa yang terjadi jika hutan itu rusak. Tunjukkan pada mereka serangga yang merangkak di kulit pohon, burung-burung yang membuat sarang di pohon, dan hewan-hewan lainnya yang menjadikan pohon sebagai rumahnya. Duduk dengan tenang dan dorong si Kecil untuk mendengarkan suara hutan. Lalu bicarakan pentingnya udara bersih dan hawa sejuk yang bisa dinikmati karena adanya hutan ini.

Mengubah Kebiasaan

Mempelajari masalah yang terjadi tanpa melakukan aksi tidak akan berarti apa-apa. Berdayakan si Kecil dengan mengajaknya menanam bibit pohon, membicarakan penghematan tisu atau kertas yang diambil dari kayu-kayu hasil penebangan hutan, dan sesekali ajak untuk melakukan piknik di alam terbuka untuk menumbuhkan kecintaan pada lingkungan. Dorong juga untuk melakukan reuse dan recycle mulai dari rumah sendiri.

Membuat Poster

Untuk menumbuhkan  kesadaran tentang lingkungan hidup, terutama hutan, ajak si Kecil untuk membuat poster tentang kerusakan hutan dan reboisasi. Buat menggunakan bahan daur ulang dan hias dengan daun, ranting, atau bahan-bahan lain yang ditemukan di kebun sekitar rumah. Bunda dapat membantunya dengan mencarikan informasi lewat internet, majalah, atau koran. Dampingi saat menggunakan gunting dan lem, agar terhindar dari risiko terluka. Pasang di tempat yang mudah dilihat oleh anggota keluarga yang lain ya.

Ada banyak kegiatan untuk mengajarkan pentingnya reboisasi bagi kelestarian hutan. Ajarkan sejak dini ya, Bunda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait