Arti Lebaran Buatku...

Bagi kita orang dewasa, Idul Fitri tentu memiliki makna lebih dari sekedar makan enak dan pulang kampung. Ada  makna penyucian diri melalui ibadah puasa, sampai upaya mempererat tali silaturahmi dengan orang terdekat. Tapi bagi anak-anak, Lebaran kerap punya makna yang tak terpikirkan oleh kita sebagai orang tuanya.

Apa yang ada dibalik pemikiran anak-anak tentang makna Lebaran? Kita intip ungkapan hati beberapa anak berikut!
 “Aku senang Lebaran karena makanannya itu lho, enak-enak! Aku suka makan ketupat sama rendang. Terus, sesudah ke rumah saudara dan teman Bapak. Lebaran kedua aku pergi main ke pantai. Enak, bisa main air dan pasir di pantai sama saudara-saudara seharian. “
Dimas ( 6,5 tahun)

 “Setelah sholat Ied, biasanya aku bantu Mama beres-beres rumah dan bantu bikin kue. Aku suka bikin kue bolu coklat. Senangnya waktu Lebaran, aku bisa main sama teman-teman di dekat rumah. Jadi biasanya Papa dan Mama pergi ke rumah teman-temannya, dan aku bisa main sama teman-temanku. Malah kalau diijinkan, aku dan teman-teman diantarkan untuk berenang sama-sama di hotel. Buatku paling senang waktu Lebaran karena bisa main seharian sama teman-temanku.”
Adla (7 tahun)

“Kalau lebaran, aku senang karena bisa pulang kampung ketemu sama eyang dan saudara-saudara yang jarang ketemu. Dan biasanya kalau pas pulang kampung aku diajak pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi oleh Ibu dan Bapak. Apalagi kalau Lebaran, makanannya juga enak-enak. Aku boleh makan apa aja, dan minum es sepuasnya!”
(Iman, 7 tahun)

“Buat aku yang paling senang kalau Lebaran, bisa main sama saudara-saudara setelah sholat Ied. Biasanya aku kan pulang kampung, ke tempat keluarga Mama atau Papa bergantian. Nggak ada acara khusus sih waktu Lebaran, tapi aku senang bisa main sama saudara-saudaraku  selama libur Lebaran.”
(Indri, 6,5 tahun)

“Kalau Lebaran, aku senang karena bisa makan kue-kue yang enak sepuasnya. Terus aku juga sering dapat uang dari nenek-kakek dan oom sama Tante. Jadi tabunganku kan makin banyak, bisa buat beli mainan yang aku mau!”
(Kiki, 6 tahun)

Share artikel ini:

Artikel Terkait