@shutterstock

Arti Sebuah Berbagi Pada Sesama

Selain cerdas dan aktif alangkah bahagianya jika memiliki anak yang mempunyai kepedulian terhadap sesama. Oleh karena itu, para orang tua dihimbau untuk mengenalkan sikap berbagi terhadap sesama sejak dini. Dr. Handrawan Nadesul, contributor Nestle, memberikan tips agar si kecil terbiasa untuk selalu peduli terhadap orang yang sedang membutuhkan.

Biasakan berbagi mulai dari keluarga
Menanamkan pentingnya saling berbagi sangatlah penting bagi si kecil. Di usianya yang masih dini, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan menjelaskannya. Oleh karena itu, Anda bisa memulainya dari lingkup keluarga. Misalnya saja, saat melihat televisi bersama berikan si kecil camilan dan minta dia untuk berbagi camilan dengan kakak, ayah serta kakek-nenek.

Ajarkan si kecil untuk menawarkan bantuan
Biasakan si kecil untuk menawarkan bantuan kepada orang yang sedang memerlukannya. Contohnya, Anda dan si kecil berjalan-jalan dan melihat seorang nenek yang sedang kesusahan mencari kacamatanya. Ajaklah si kecil untuk membantu menawarkan bantuan dan menolongnya. Berikan pengertian padanya jika semua orang hidup berdampingan, oleh karena itu harus saling tolong-menolong.

Mengajarkan si kecil untuk bersyukur
Kebiasaan saling berbagi dan peduli terhadap sesama tidak akan lengkap tanpa dibarengi oleh sikap bersyukur. Berikan pengertian pada si kecil tentang pentingnya bersyukur atas apa yang telah didapatkannya. Anda bisa menanyakan apakah dia senang dengan sekolahnya, jika iya berarti si kecil harus bersyukur karena banyak anak-anak di luar sana yang tidak bisa sekolah. Ada banyak sekali wujud bersyukur yang bisa dilakukan si kecil semisal berdoa sebelum makan, mengucapkan terima kasih saat menerima sesuatu dan menjaga dengan baik barang-barang yang dimilikinya.

Biasakan si kecil untuk bersyukur dan saling berbagi terhadap sesama untuk menciptakan karakter anak yang teladan dan memesona. Semoga menginspirasi ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait