Asah Jiwa Kompetisi Pada Si Kecil

Saling beradu ketangkasan dan berlomba menggapai prestasi, menjadi satu praktik berkompetisi yang baik untuk anak. Kompetisi menjadi salah satu kegiatan yang sangat baik untuk mengasah kemampuan motorik dalam perkembangan tubuh dan otaknya. Lewat kegiatan ini, si kecil belajar bagaimana memperjuangkan setiap hal yang diinginkan di kala orang lain juga beramai-ramai menginginkan hal itu juga.

Pada dasarnya, kompetisi menjadi salah satu naluri yang dimiliki setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Hal inilah yang mendasari mengapa sifat ini tidak bisa dihilangkan. Bahkan, jika didasarkan pada kajian psikologi, kompetisi menjadi kebutuhan dasar. Anda dapat mengasah sifat kompetitif anak  dengan terus menyemangati proses belajarnya.

Jika si kecil menginginkan peringkat satu di kelasnya, maka dia harus mau belajar dengan tekun dan tidak mudah menyerah. Edukasi si kecil agar dia paham tentang kompetisi yang ada di kelasnya. Beritahulah, bahwa yang ingin mendapatkan peringkat satu di kelas bukan hanya dirinya. Teman-temannya juga ingin hal yang sama. Jika si kecil tidak mau belajar dengan sungguh-sungguh, maka dia bisa tersaingi oleh teman-temannya.

Usai si kecil memahaminya, doronglah semangatnya untuk terus belajar dengan rajin. Kompetisi tidak hanya akan membuat anak menjadi lebih pintar dan berprestasi. Lebih jauh, kompetisi juga akan mendorongnya untuk menjadi pribadi yang lebih tegas dan sigap dalam mengambil keputusan.

Meski begitu, Anda juga tak boleh memaksakan sifat kompetitif ini secara berlebihan pada anak. Sebab, hal ini akan membuat anak lepas kendali dan menganggap setiap orang yang ada di sekitarnya sebagai kompetitor. Imbasnya, anak akan lebih sulit untuk bergaul dan mendapatkan teman. Dia akan memilih hidup menyendiri dan enggan bersosialisasi. Padahal, usia anak-anak sangat penting untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya, agar karakter dalam dirinya bisa terbentuk dengan  sempurna.

Jadikan prestasi anak sebagai pemicu semangatnya berkompetisi. Bukan semangat Anda menjadikannya pemenang setiap kompetisi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait