Rumah Pohon

Asyik Akhirnya Bisa Naik ke Rumah Pohon

Ada banyak cara untuk mengenalkan lingkungan sehat dan asri pada si kecil. Salah satunya adalah mengajaknya main ke rumah pohon. Objek wisata yang sedang populer sekarang adalah Omah Kayu di Kota Batu Jawa Timur. Terletak di Gunung Banyak, udara di sini masih sangat sejuk, meskipun matahari bersinar dengan teriknya.

Sebenarnya wisata Omah Kayu ini adalah penginapan yang disewakan kepada wisatawan dengan harga Rp 450 ribu hingga satu juta rupiah, tergantung besar kecilnya. Namun kalau Anda tidak berniat untuk menginap, bisa juga sekedar main, foto-foto, dan menikmati keindahan sekitar. Cukup dengan membayar Rp 10 ribu, Anda diperbolehkan naik ke salah satu unit rumah  pohon yang sedang tidak disewakan.

Rumah pohon di wisata Omah Kayu ini dibangun di atas pohon dengan kayu yang kuat seperti kasuarina, eukaliptus, dan pinus. Jadi tidak perlu khawatir karena pihak pengelola telah menjamin keamanan para pengunjung. Untuk saat ini, sudah ada 6 unit rumah pohon yang dibangun di atas ketinggian 10 meter. Rencana pengelolaan akan menambah lagi supaya menaikkan tingkat kunjungan wisatawan.

Kalau menginap di sini, pemandangan saat malam hari sengat spektakuler. Di langit malam bertaburan bintang-bintang yang berkerlap-kerlip indah. Sedangkan, ketika Anda membuka pintu  rumah pohon, pemandangan lampu dari seluruh penjuru Kota Batu hingga Kota Malang tampak begitu mengagumkan.

Satu unit rumah kayu bisa diisi maksimal 3 orang. Ada juga yang berukuran suite dengan kapasitas 8 orang. Sepanjang perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi Omah Kayu, ada banyak bangku yang berjajar di pinggir tebing. Anda bisa mampir untuk istirahat sebentar menikmati pemandangan dari ketinggian. Ada juga hammock yang disediakan untuk bersantai sambil merasakan semilir angin segar dari Kota Apel.

Kalau berangkat dari Kota Malang, cukup pacu kendaraan Anda menuju Kota Batu. Dari sini terus saja ke arah pemandian Songgoriti, lalu masuk Desa Klemuk. Medannya cukup terjal sehingga pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima supaya tidak mogok di tengah jalan.

Jadi, kapan Anda mau main ke sini, Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait