©shutterstock

Asyik, Bisa Buat Es Loli Sendiri

Ingin mengisi akhir pekan di rumah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus berguna bagi si Kecil? Memasak adalah salah satunya. Turun ke dapur menawarkan berbagai pengalaman belajar bagi anak-anak. Selain mengajarinya keterampilan dasar, kegiatan ini juga mengasah kemampuan belajar dan mendorong komunikasi baik antara orangtua-anak.

Salah satu jenis makanan yang mudah dibuat oleh si kecil adalah es loli. Yuk ajak ia membuatnya sekarang juga!

Es Loli Buah-buahan

Es loli yang satu ini bisa jadi cara yang baik untuk memasukkan buah-buahan ke dalam menu makanan sehari-hari si Kecil. Pilih variasi yang disukai, misalnya pisang, strawberry, semangka, atau kiwi. Minta bantuannya untuk memotong-motong buah kemudian menghaluskannya dengan blender, lalu masukkan dalam wadah es loli dan bekukan dalam freezer. Setelah beku, dapat dinikmati bersama deh. Alternatif lain adalah dengan memasukkan cairan atau produk susu. Misalnya tuangkan jus buah, air kelapa, atau air putih ke dalam wadah es loli lalu masukkan irisan buah ke dalamnya. Bisa juga dengan menghaluskan yoghurt, susu, atau es krim bersama dengan buah favoritnya, sebelum membekukannya. Yummy!

Es Loli Berbahan Selai

Bunda dapat mengutak-atik selai favorit si Kecil dan mengolahnya menjadi es loli yang lezat. Campurkan selai coklat, kacang, atau rasa kesukaannya dengan susu putih atau coklat. Haluskan kemudian masukkan dalam wadah es loli dan bekukan selama beberapa jam. Teksturnya yang creamy dan rasanya yang kaya pasti jadi favorit barunya.

Olahan Jeli

Tahukah Bunda bahwa jeli juga bisa digunakan untuk membuat es loli? Teksturnya yang kenyal dan rasa buahnya pasti akan digemari anak-anak. Minta bantuannya untuk mencampurkan sebungkus agar-agar atau jeli, jus buah kesukaannya, air panas, dan gula jika diperlukan. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan larut sempurna. Tuangkan campuran dengan hati-hati ke wadah es loli lalu bekukan sampai memadat.

Es Loli Warna-Warni

Es loli yang muncul dengan tampilan warna-warni tentunya akan menggugah nafsu makan si Kecil. Gunakan beberapa jenis jus buah untuk membuat es loli lebih menarik, misalnya jus melon, jus jeruk, dan jus strawberry. Pertama-tama, mintalah untuk menuang sedikit jus melon ke wadah es loli, kemudian bekukan selama 30-60 menit, kemudian tambahkan jus jeruk dan bekukan kembali. Terakhir, tuang jus strawberry dan masukkan ke dalam freezer. Warna-warninya membuat siapa saja yang melihatnya akan tergoda mencicipinya.

Ternyata mudah ya mengajak si Kecil membuat es loli sendiri di rumah. Yuk coba sekarang juga ya, Bunda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait