@shutterstock

Asyik Main-main Dengan Bunga Matahari

Kecantikan bunga matahari selalu tampak dari kelopak besarnya. Bunga matahari termasuk salah satu bunga yang bagus untuk ditanam di halaman rumah. Walau tidak memiliki bau yang harum, warna kuning terangnya bisa membuat mata segar kala memandanginya. Uniknya lagi, arah kelopak bunga akan mengikuti peredaran matahari. Inilah alasan kenapa bunga ini dinamakan bunga matahari, di samping bentuknya yang sering digambarkan mirip dengan matahari.

Selain sebagai tanaman penghias taman, bunga matahari ini juga bisa dimanfaatkan sebagai permainan buat si kecil.

Menembus kebun bunga matahari
Sedang berkunjung ke kebun bunga matahari atau kebetulan nenek punya ladang bunga matahari? Ajak si kecil seruan-seruan di sana. Menerobos kebun bunga matahari dapat menjadi permainan yang menyenangkan. Anda dapat bermain petak umpet sambil menyelinap dalam kebun. Meski begitu, himbau si kecil agar tak sampai merusak atau mematahkan tanaman di kebun.

Membuat kue bunga matahari
Capek sehabis kejar-kejaran dengan si kecil di kebun? yuk lanjutkan dengan membuat kue lucu berbentuk bunga matahari. Anda dapat menggunakan resep kue maupun biskuit yang biasa Anda hidangkan kepada si kecil. Hanya siapkan cetakan yang berbentuk bunga. Setelah jadi, hias dengan menggunakan glaze berwarna kuning dan cokelat agar menyerupai bunga matahari.

Melukis bunga matahari
Mumpung lagi di ladang atau kebun bunga matahari, ajak si kecil bermain-main dengan kuas. Kurang lengkap rasanya melihat pemandangan indah tanpa memanfaatkannya untuk mengajak si kecil melukis. Bentuk bunga matahari yang mudah untuk digambar atau dilukis bisa membuat si kecil antusias membuatnya tanpa perlu kesulitan. Warnanya yang dominan warna primer seperti kuning dan hijau juga membantu agar tak kerepotan meracik cat warna.

Membuat print bunga matahari
Sudah meracik cat warna ternyata si kecil kurang tertarik untuk melukis. Jangan khawatir, Anda masih bisa mengajaknya membuat handprint. Bedanya tidak menggunakan tangan seperti lukisan tangan pada umumnya, melainkan dengan menggunakan bunga matahari yang dicelupkan dalam cat warna dan langsung ditempelkan dalam kanvas maupun kertas lukis yang sudah disiapkan.

Lewat beragam keseruan ini si kecil bisa lebih kreatif dan paham tentang salah satu tanaman yang indah dan cantik yang tentunya perlu dijaga kelestariannya, yaitu bunga matahari. Liburan Anda dan si kecil pun menjadi lebih berkesan!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait