©shutterstock

Asyiknya Berjelajah dengan Belajar Memahami Peta

“Ayah... ayo bangun. Ayo bermain di taman...”

 

Pernahkah Anda mendengar atau melihat si kecil membangunkan Ayahnya saat hari libur di pagi hari? Anak-anak memang sangat antusias untuk bermain, terlebih saat hari libur tiba. Bagi mereka hari libur merupakan hal yang istimewa karena bisa berkumpul dengan keluarga yang mungkin tak bisa mereka temui sepanjang hari saat hari kerja. Jangan sampai Anda mengecewakannya. Segeralah bangun dan mengajak si kecil bermain.

 

Jika belum punya ide yang menarik, mengajak si kecil berjelajah sambil belajar memahami peta dapat Anda coba. Simak langkah pintarnya berikut ini.

 

Mengenal lingkungan

Banyak sekali macam peta yang dapat diajarkan si kecil. Selain peta dunia yang cukup umum ada juga peta buatan yang lazim digunakan untuk membuat permainan berjelajah. Sebelum mengajak si kecil berjelajah, buatlah peta penjelajahan terlebih dulu. Kenali lingkungan yang akan dijadikan medan permainan ini. Setelah selesai, ajaklah si kecil untuk memulai permainan. Selain membantunya untuk belajar memahami peta sederhana, juga dapat mengenalkannya pada lingkungan sekitar.

 

Mengenal negara

Kali ini penjelajahannya dapat dilakukan di dalam rumah. Kenalkan si kecil dengan beberapa nama negara yang ada di benua Amerika, Afrika, Asia, sampai Eropa. Anda dapat memilih beberapa negara besar di masing-masing benua. Misalnya Amerika Serikat mewakili Amerika Utara, Brasil dan Argentina di Amerika Latin. Untuk Asia bisa memilih Jepang, China, Korea, dan Indonesia. Eropa ada Inggris, Italia dan Prancis. Australia sendiri dan Mesir dapat mewakili Afrika. Kenalkan dengan bentuk bendera, sebar dalam rumah dan minta si kecil menemukan bendera tersebut sesuai dengan bendera masing-masing negara tersebut.

 

Mengenal dunia

Peta adalah alat yang paling mudah untuk mengenalkan si kecil tentang dunia. Anda pun dapat mengadopsi benua di dunia ke dalam medan permainan jelajah bersama si kecil. Tentukan beberapa pohon, batu maupun beberapa benda yang ada di taman belakang dengan nama lima benua di dunia. Ada Afrika, Asia, Eropa, Australia dan Amerika. Untuk memainkannya, suruh si kecil berdiri di dekat batu atau pohon yang sudah diberikan nama benua. Misalnya saja, dia sudah berdiri di Asia, berikutnya minta ke Eropa lewat Amerika maupun menyeberangi samudera. Selain bisa bikin anak antusias bermain, juga akan membuatnya lebih mudah menghafal kelima benua di dunia tersebut.

 

Selamat berjelajah dengan si kecil ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait