@shutterstock

Asyiknya Bermain Di Taman Kota

Bagi anak-anak, taman bermain merupakan tempat di mana si kecil bisa bereksplorasi, baik untuk  mengembangkan kemampuan motorik, maupun bersosialisasi. Selain itu, dengan pergi ke taman bermain, anak-anak juga mendapatkan kesempatan untuk menghirup udara segar dan berolahraga.

Sebagai orangtua, Anda perlu memastikan keamanan anak-anak dari kemungkinan terjadinya bahaya dan cedera, agar kegiatan bermain dapat berlangsung dengan baik. Berikut daftar tips yang dapat dilakukan untuk menjaga anak-anak supaya dapat bermain dengan nyaman.

Awasi selalu anak selama bermain
Orang tua diharapkan tidak lengah sedikitpun dalam menjaga anak-anaknya di taman bermain. Simpan dulu telepon genggam anda dan fokuslah mengawasi anak Anda. Pengawasan orangtua sangat diperlukan untuk mencegah cedera yang mungkin terjadi selama anak-anak menggunakan fasilitas taman bermain. Selain itu Anda harus tetap waspada pada kemungkinan orang-orang yang akan berniat jahat pada si kecil.

Gunakan pakaian yang sesuai
Untuk menunjang aktifitas bermainnya, anak Anda wajib mengenakan pakaian yang tidak mengganggu pergerakannya. Jangan gunakan pakaian yang dihiasi tali atau pita panjang karena dapat tersangkut pada waktu bermain. Pilih sepatu dengan bagian sol berbahan karet agar anak Anda tidak mudah terpeleset. Apabila bermain di luar ruangan, jangan lupa untuk mengoleskan krim tabir surya ya.

Pilih permainan sesuai umur
Ajak anak Anda untuk memilih permainan yang diperuntukan bagi kelompok umurnya dan ajari bagaimana menggunakan permainan tersebut. Misalnya megingatkan si kecil untuk tidak berdiri di ayunan atau meluncur dengan kepala terlebih dahulu, Anda dapat mencegah cedera yang mungkin terjadi. Beritahukan juga kepada si kecil agar bergantian dalam bermain dan tidak boleh kasar terhadap temannya.

Pastikan alat bermain aman digunakan
Karena digunakan oleh banyak orang, alat bermain mungkin mengalami keausan atau kerusakan. Periksalah apakah mur pada alat bermain sudah kencang, tidak ada bagian alat permainan yang pecah atau tajam, yang dapat melukai anak Anda, dan juga tidak terdapat karat pada bagian yang terbuat dari besi. Untuk taman bermain di luar ruangan, cuaca juga harus menjadi pertimbangan. Setelah hujan biasanya alat bermain akan menjadi licin dan bisa berbahaya, sedangkan bila cuaca panas maka alat bermain dapat menjadi terlalu panas dan tidak nyaman untuk digunakan.

Perhatikan tips-tips di atas untuk menjaga keamanan anak-anak di taman bermain dan selamat menemani si kecil bermain ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait