Atasi Sikap Minder Pada Anak

Anak kecil cencerung memiliki rasa malu atau minder saat mengenal lingkungan baru. Mungkin kebanyakan dari orang tua akan memakluminya, namun jika dibiarkan terus menerus akan terbawa hingga dewasa dan menghambat tumbuh kembangnya. Biar si kecil tidak memiliki sikap minder lagi, yuk simak beberapa kiatnya sebagai berikut.

Cari penyebabnya

Sikap minder si kecil tidak mungkin muncul tanpa adanya alasan yang jelas. Ajak si kecil bicara dari hati ke hati mengapa dia sering minder saat bertemu dengan banyak orang. Mungkin si kecil takut bertemu dengan orang baru atau kurang percaya diri dengan apa yang dimilikinya.

Berikan motivasi

Setelah menemukan penyebab dari sikap minder kecil, tugas Anda selanjutnya adalah memberikan motivasi. Jika penyebab minder pada si kecil dapat diperbaiki, bantu dia untuk memperbaiki sesuai dengan keinginannnya. Contohnya saja, saat si kecil minder karena tidak terlalu pintar di sekolah bantu si kecil untuk belajar lebih ekstra atau memberikannya guru les privat. Sebaliknya jika tidak bisa diperbaiki, berikan penjelasan jika si kecil harus selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya. Katakan jika dia masih sangat beruntung.

Menggali potensi si kecil

Di balik kekurangan pasti ada kelebihan. Bantulah si kecil untuk meminimalkan kekurangannya dengan menggali potensi yang dimilikinya.  Misalnya, si kecil memiliki potensi dalam olahraga bulu tangkis, terus latih minatnya tersebut dengan bergabung ke sebuah klub bulu tangkis anak dan ikutkan dalam berbagai turnamen. Saat si kecil sadar akan potensi dan kelebihan yang dimilikinya, kepercayaan dirinya akan tumbuh kembali dan anak akan lebih ceria dalam menjalani harinya.

Jangan biarkan sikap minder terus menerus menghantui si kecil dan menghambat perkembangannya ya. Jadilah orang tua yang bisa selalu menjadi jawaban atas kegelisahannya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait