Awas, Bahaya Polusi Bagi Si Kecil!

Bukan rahasia lagi jika lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda semakin berpolusi setiap harinya. Tidak hanya polusi dari asap, namun juga polusi air dan udara. Polutan jahat yang mengandung bahan kimia tersebut dapat mengancam kesehatan keluarga Anda terutama si kecil. Menurut Dr. Handrawan Nadesul, ibu berperan penting dalam melindungi anak dan keluarga dari pengaruh buruk beraneka polusi. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Asap rokok

Asap rokok merupakan musuh terbesar bagi anak-anak yang sangat membahayakan, karena itu kehadiran perokok di rumah harus benar-benar dihindari. Imbas kesehatan bagi perokok pasif sama buruknya dengan perokok aktif. Jadi, untuk menghindari si kecil menghirup terlalu banyak asap rokok, minta tamu atau anggota keluarga yang lain untuk tidak merokok di rumah.

Asap obat nyamuk

Asap kimiawi insektisida yang terdapat pada obat nyamuk sangat berbahaya jika terlalu banyak dihirup oleh si kecil karena berisiko mengidap penyakit asma. Residu kimiawi obat nyamuk dapat melekat pada perabot yang terbuat dari kain serta menempel di lantai. Oleh karena itu, gunakanlah obat nyamuk secara bijaksana dan tidak berlebihan. Kemudian, jangan lupa untuk mengepel lantai setelah menyemprotkan obat nyamuk agar tidak menempel pada kaki si kecil.

Pencemaran air

Kesalahan pembuatan sumur di dekat septic tank dapat berpotensi mencemarkan bakteri E. coli pada air rumah Anda. Air yang tercemar otomatis akan mencemari makanan dan minuman Anda sekeluarga. Fatalnya lagi jika mencemari susu si kecil. Oleh karena itu, pastikan saluran air di rumah Anda bersih dan bebas dari kuman.

Anda memang tidak bisa sepenuhnya menghindarkan si kecil dari polusi. Namun, usaha meminimalisasi sangatlah diperlukan. Jangan lupa untuk membiasakan si kecil memakai masker sekali pakai ketika berangkat dan pulang sekolah ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait