Awasi Selalu Buah Hati Anda !

Setiap orangtua berniat untuk melindungi anaknya. Apapun akan dilakukan untuk melindungi si buah hatinya agar tidak cedera, atau terancam bahaya. Sehingga Anda kerap membawanya kemana pun Anda pergi. Namun hati-hati jika berada di tempat umum, seperti tempat wisata, mal, maupun jembatan penyeberangan.

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan adanya kecelakaan anak karena sandal atau sepatunya terjepit saat menjejakkan kaki di eskalator. Alat elektrik dinamis ini memang sangat disukai anak-anak. Tak heran jika mereka rela turun naik demi memuaskan hasrat keingintahuannya.

Meski eskalator dianggap aman, jangan biarkan anak berjalan sendiri tanpa dipegangi. Larangan juga anak jika berusaha memegang atau menaiki pegangannya. Untuk balita sebaiknya anda tetap menggendongnya demi keamanan si kecil. Hal yang penting, jangan pernah melepaskan pegangan atau pandangan anda terhadap si buah hati. Karena boleh jadi mereka mencoba hal-hal yang berbahaya, misalnya berlari diantara pengunjung saat menaiki eskalator.

Membawa buah hati ketempat-tempat wisata memang paling menyenangkan, selain sambil membuka wawasan dan mengenalkan hal-hal baru kepadanya, si kecil juga diajarkan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Namun anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan si kecil. Jangan lepaskan pandangan Anda, karena bisa jadi ia berlari-lari dan menghilang.

Jika memang tempat wisata tersebut menyediakan arena bermain, seperti arena mandi bola, rumah berselancar, dll. Hal yang perlu anda perhatikan adalah mencermati kebersihan dan keamanan arena ini. Bisa jadi ada benda-benda tajam yang tidak terlihat anak atau anda juga harus meneliti bola warna-warni itu banyak yang kempes atau tidak. Karena ujungnya yang tajam bisa melukai anak. Usahakan si kecil untuk memakai celana panjang dan kaus kaki ke tempat ini.

Atau saat si kecil sedang bermain selancar di papan luncur, awasi dan pegangi anak Anda jika ingin menaikinya, karena kalau anda lengah sedikit saja si kecil bisa tergelincir. Begitu juga saat si kecil ingin bermain bom-bom car. Usahakan ada orang dewasa yang menemaninya, serta awasi cara berkendara agar tidak terlalu keras bertabrakan sehingga bisa berakibat luka.

Tempat lainnya yang perlu Anda awasi adalah jembatan penyeberangan. Tidak jarang terjadi tindakan atau hal-hal kejahatan yang menimpa pejalan kaki di fasilitas umum ini. Usahakan Anda untuk menggendong si kecil saat menyeberangi jembatan penyeberangan sehingga Anda dapat berjalan dengan cepat. Jangan pernah menyeberang jembatan dalam keadaan sepi, karena biasanya tindakan kejahatan terjadi saat keadaan sedang sepi atau tidak orang. Atau jangan pernah membiarkan si kecil berjalan tanpa Anda memeganginya, karena bisa jadi ia melongokkan kepalanya dan terjatuh dari jembatan.

Saat Anda mengajak si buah hati kemanapun di tempat-tempat umum maupun menggunakan fasilitas umum, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah harus selalu mengawasi dan tidak melepaskan pandangan dari tingkah polah si kecil.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Majalah Inspired Kids)

Share artikel ini:

Artikel Terkait