©shutterstock

Ayah, Bekali Anak Perempuan Dengan Nilai Hidup Ini Yuk

Menjadi orangtua bukanlah pekerjaan yang mudah ya, Bu. Butuh kerjasama ibu dan ayah untuk membesarkan si kecil, agar menjadi pribadi yang baik dan sukses ke depannya. Sama pentingnya dengan anak laki-laki, tidak diragukan lagi ayah juga berperan penting dalam kehidupan anak perempuannya.

Menurut Matther Weinshenker, PhD, seorang asisten professor sosiologi di Fordham University, banyak hal diajarkan oleh ayah tidak hanya melalui duduk dan berbicara pada anak, tapi juga melalui contoh perilaku. Ajak ayah untuk mengajarkan nilai hidup yang berguna untuk masa depan anak perempuannya.

Cara mengganti ban dan oli

Walau mengganti ban dan oli adalah pekerjaan laki-laki, ajarkan anak perempuan untuk bisa melakukannya. Hal ini bermaksud mengajarkan anak untuk bersikap mandiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

Ajarkan Anak perempuan ambil keputusan

Ayah juga bisa membiasakan diri untuk tidak menyelesaikan setiap masalah yang dialami anak perempuannya. Mungkin terkesan kejam ya, tapi si kecil juga harus belajar mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas pilihannya. Tapi, ingatkan juga pada buah hati bahwa orangtua akan selalu mendampinginya dalam suka dan duka.

Ajarkan si kecil mengekspresikan perasaan

Terkadang anak bisa mendapatkan kesulitan untuk mengatasi ketakutan dan malu mengatakan apa yang dipikirkan atau dirasakan. Peran sang ayah lah untuk membantu si kecil menghilangkan keraguan pada diri sendiri. Misalnya, dengan memuji dan menenangkan anak saat meluapkan kemarahan dan kesedihan, daripada menghukumnya. Menurut Linda Nielsen, EdD, psikologis Wake Forest Univeresity di North Carolina, AS, anak perempuan harus nyaman mengekpresikan perasaan marah pada ayahnya sendiri. Jika si anak saja tidak bisa tegas dan tidak nyaman, anak perempuan tidak akan bisa meluapkan perasaan dan rasa marah secara sehat pada orang lain.

Ajarkan hubungan kasih sayang

Ada moto lawas yang mengatakan hal terbaik yang ayah bisa lakukan pada anak-anaknya adalah dengan mencintai ibunya. Memperlihatkan hubungan yang baik, saling menghargai, dan penuh kasih memberikan efek penting pada anak perempuan. Ajarkan anak perempuan untuk mencintai diri sendiri. Ayah juga harus bisa berbicara secara langsung dan jujur pada si kecil. Komunikasi secara langsung dan jujur inilah yang harus dipelajari anak perempuan agar bisa membangun hubungan baik dengan orang lain.

Libatkan ayah dalam tumbuh kembang anak perempuan ya, Bu. Peran ayah juga penting dalam mengajarkan nilai-nilai yang berguna untuk masa depannya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait