@shutterstock

Bantu Bunda Merangkai Bunga

Rangkaian bunga hidup dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam rumah. Selain sebagai hiasan, juga dapat digunakan sebagai pengharum alami ruangan. Jika si Kecil memiliki banyak waktu luang, libatkan untuk membantu Anda merangkai bunga.

Melalui kegiatan ini, si Kecil belajar tentang estetika, warna, bentuk, dan keseimbangan dalam seni. Pajang hasil karangan bunganya yang kreatif dan imajinatif di dalam rumah ya, Bu.

Gunakan Bunga Segar

Menumbuhkan tanaman bunga sendiri tentunya akan menghemat biaya saat mendekorasi rumah atau mengajarkan si Kecil merangkai bunga. Proses penanaman, merawat, dan memotong bunga akan memberikan pelajaran tambahan baginya. Pilih bunga-bunga yang mudah dirangkai seperti bunga matahari, anyelir, aster, mawar, bunga bakung, dan gerbera. Jika tidak memiliki waktu atau ruang untuk menanam bunga sendiri, beli saja bunga potong segar sebagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian yang indah.

Merangkai Bunda

Ada beberapa metode merangkai bunga seperti gaya western atau Ikebana dari Jepang. Menurut Kids Web Japan, karangan bunga western memiliki banyak lapisan bunga, sedangkan Ikebana menggunakan sedikit bunga dan daun untuk membuat bentuk yang elegan. Jika menggunakan vas, isi setengahnya dengan air. Untuk pot, minta untuk memasukkan tanah yang bebas dari batu dan akar hingga setengah tinggi wadah. Biarkan anak memilih bunga yang menjadi fokus dan mulai isi area sekitarnya dengan bunga dan daun untuk membangun bentuk serta tekstur. Lakukan percobaan dengan jumlah dan penempatan bunga yang tepat dengan tinggi wadah yang digunakan. Jika si Kecil merasa puas dengan buket bunga yang dihasilkan, tambahkan air dan pamerkan hasilnya di dalam rumah.

Aksesoris Dekoratif

Anak dapat meningkatkan keindahan rangkaian bunga dengan menggunakan berbagai aksesoris sebagai pengisi atau aspek dekoratif. Manik-manik, cabang kayu, pita, plastik berwarna, bahkan permen dapat digunakan sebagai penghias buket bunganya. Biarkan bermain dengan imajinasinya, siapa tahu Anda yang akan terkejut melihat betapa indah hasil yang diberikan olehnya.

Hias Wadah

Wadah yang menarik juga akan memperindah rangkaian bunga di dalamnya. Bersenang-senanglah dengan melukisnya menggunakan cat air, stiker, glitter, atau hiasan-hiasan lainnya. Bisa juga dengan mendaur ulang botol air plastik menjadi sebuah vas kecil. Selain unik, hal ini juga akan mengajarkannya bagaimana cara mendaur ulang. Potong bagian atasnya kemudian biarkan dihias sesuai keinginannya. Isi dengan air atau tanah sebelum menambahkan bunga ke dalamnya.

Cukup seru ya merangkai bunga bersama si Kecil. Selamat menikmati waktu Anda bersamanya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait