Bantu Ibu Menjemur Baju Yuk, Nak!

bd7550e01305b94cc70c92fbaea4037fee05bc17.jpeg

Banyaknya pekerjaan rumah tangga terkadang membuat Ibu kewalahan. Daripada membiarkan si Kecil bermain sendirian, kenapa tidak mengajaknya membantu menjemur pakaian? Selain cukup terbantu, Anda juga mengajarkan kemampuan dan kemandirian yang akan dibawa hingga tumbuh dewasa nanti.

Bagaimana ya cara mengajarkan menjemur baju pada si Kecil?

Biarkan Si Kecil Mengamati

Anak-anak biasanya menggunakan bantuan visual untuk menunjang proses belajarnya. Ajak si Kecil untuk mengamati Ibu bagaimana cara menjemur baju dengan baik dan benar. Kemampuan otaknya yang seperti spons dengan cepat menangkap dan merekam yang dilihatnya. Terangkan juga apa yang sedang Anda lakukan dengan kata-kata yang mudah dipahami, misalnya mengibaskan pakaian agar tidak kusut, cara meletakkan pakaian, dan menggunakan penjepit baju.

Ajak Terlibat Langsung

Setelah mengamati beberapa kali, ajak si Kecil terlibat secara langsung. Tapi jangan lupa, sesuaikan dengan kemampuannya ya, Bu. Berikan sapu tangan, kaus kaki, atau handuk berukuran kecil untuk memulainya. Berikan contoh bagaimana cara-cara yang tepat seperti mengibaskannya, meletakkannya di atas tali jemuran, dan tempat yang benar untuk menjepit pakaian. Agar terasa menyenangkan, buatlah menjadi sebuah permainan yang menyenangkan misalnya terkena cipratan air saat mengibaskan pakaian, atau nyanyikan lagu bersama-sama aga tidak cepat bosan.

Minta Bantuan Si Kecil

Kebanyakan orang tua tidak tahu bahwa anak-anak suka sekali jika dimintai bantuan, karena memberikannya suntikan rasa percaya diri dan merasa dibutuhkan. Tunjukkan pakaian mana yang akan Anda jemur atau minta tolong si Kecil untuk membantu meletakkan bajunya di tali jemuran. Berpura-puralah seakan kerepotan melakukannya. Selain memberinya kegiatan fisik yang jauh dari TV dan gadget, kemampuan si Kecil dalam mendengarkan arahan juga terasah. Walau terkadang caranya belum tepat, jangan lupa untuk memujinya karena telah berusaha.

Gunakan Perlengkapan yang Menarik

Agar lebih menarik perhatian si Kecil, gunakan bak atau keranjang warna-warni untuk mengangkut pakaian yang akan dijemur. Bisa juga dengan menggunakan jepitan baju aneka warna, bentuk, maupun bahan. Mengajarkan untuk membuka dan menutup jepitan juga melatih kemampuan motoriknya lho. Semangati dia jika dalam beberapa kali percobaan belum juga berhasil.

Ceritakan keberhasilan si Kecil dalam menjemur pakaian sendiri pada anggota keluarga lainnya. Pujian yang didapat dijamin mendorongnya untuk terus membantu Anda dalam menyelesaikan urusan menjemur baju. Asyik kan, Bu!