©shutterstock

Begini Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Si Kecil di Sekolah

Hmm... sudah hampir enam bulan berlalu, si kecil masih saja belum berani untuk tampil di depan kelas. Sikap malu-malu pada anak memang hal yang biasa, namun bukan lantas dibiarkan saja. Tanpa ada bimbingan yang bisa mengubahnya, sikap pemalu ini akan tumbuh menjadi kebiasaan. Perlu dukungan dan dorongan yang intens agar si kecil lebih percaya diri untuk tampil di depan kelas maupun berinteraksi dengan orang lain di depan umum.

 

Jangan Mengatakan “Anak Pemalu”

Kadang beberapa orang tua kurang bisa mengontrol emosinya sehingga terucapkan saat mendidik si kecil. Tugas Anda adalah memberikan edukasi yang benar dengan cara yang tepat, bukan langsung menghakimi anak saat dia belum mampu melakukan hal yang benar.  Dengan memberikan cap 'Anak Pemalu!' hanya akan membuat perasaan si kecil tertekan. Sebaliknya beri edukasi yang baik dengan mengatakan bahwa semua orang punya sikap malu, tetapi tak selalu ditunjukkan pada orang lain. Dia pun akan belajar secara perlahan untuk menerapkan saran yang nasihat berikan tersebut.

 

Dukung si kecil ikut ekstrakurikuler

Sekolah bukan hanya tempat untuk menimba beragam ilmu secara bersama-sama. Banyaknya teman yang ada dapat dimanfaatkan untuk membangun interaksi dan karakter diri anak. Mintalah si kecil untuk ikut bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler sekolah seperti olahraga. Bermain bersama dapat membantu si kecil mengakrabkan diri dengan teman-temannya, sehingga dia tidak merasa canggung lagi saat diminta presentasi di depan kelas.

 

Mengenal guru lebih dekat

Bapak-Ibu guru merupakan seseorang yang perlu dikenal si kecil lebih dalam. Umumnya anak-anak lebih memilih bergaul dengan teman yang seumuran. Padahal, mengenal guru lebih dekat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa canggung maupun kurang percaya diri saat presentasi. Berikan pemahaman jika Bapak-Ibu guru adalah orang yang baik, sehingga si kecil tidak perlu merasa takut. Sarankan juga kepadanya jika kurang paham dengan salah satu pelajarannya, persilahkan untuk langsung menanyakan kepada gurunya.

 

Lewat cara-cara tersebut sikap pemalu si kecil perlahan-lahan akan menghilang dan berubah menjadi sikap percaya diri dengan karakter yang lebih matang. Jika ada kesempatan bertemu dengan orang banyak, ajaklah si kecil pergi bersama Anda. Selain bisa memberinya gambaran interaksi langsung di masyarakat juga dapat membantunya agar bisa selalu berani tampil di depan umum dalam menyuarakan hal-hal positif maupun ide-ide kreatifnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait