Benda favorit – Jendela ke dunia

Para ahli menyebut ‘benda favorit’ sebagai ’obyek transisi’. Sekitar usia 8 bulan, kadang lebih kecil, kemandirian si Kecil sudah mulai berkembang, dan ia akan mengerti bahwa orang tuanya tidak selalu berada di sampingnya. Inilah saatnya menemukan ‘selimut penenang’, sebagai sarana untuk mengatasi kecemasannya. Ini akan membantunya untuk mempermudah menghadapi masa transisi, dari ketergantungan pada orang tua menjadi lebih mandiri.

Boneka beruang atau selendang yang diberi parfum ibunya adalah barang-barang di rumah yang bisa digunakan – lebih baik lagi jika barang ini mempunyai ‘bau’ dirinya. Barang-barang seperti ini dapat membantu si Kecil menenangkan emosinya ketika ia ditinggal orang tua, mulai diasuh oleh orang lain, pergi ke dokter atau ketika ia sakit.

Sayangnya, si Kecil tidak akan selalu memilih boneka beruang yang paling bersih atau paling bagus dari koleksinya, dan mungkin memilih bantal yang sudah bau atau kumal. Ketika si Kecil sudah punya barang favoritnya, ia akan merasa lebih kuat dan percaya diri menghadapi tantangan sehari-hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait