©shutterstock

Bermain Sambil Memasak di Dapur

Tahukah Ibu? Dapur yang selama ini menjadi area terlarang bagi si kecil, ternyata menyimpan banyak potensi untuk menciptakan permainan baru baginya. Anda bisa menggunakan perkakas dapur untuk bermain bersama sekaligus mengasah kreatifitas si kecil. Tapi ingat ya Bu, singkirkan peralatan dapur yang tajam dan terhubung dengan listrik.

Siap-siap bermain menggunakan perkakas dapur? Simak cara-cara asyik berikut ini.

 

Melukis dengan peralatan dapur

Menurut penulis buku Tania K. Cowling, botol saus, cetakan kue kering, bahkan garpu, dan sudip bisa dialih fungsikan menjadi media lukis yang menyenangkan. Gunakan campuran pewarna makanan dan air yang lebih aman jika tertelan, serta lebih mudah dibersihkan. Isi botol saus dengan larutan warna-warni lalu semprotkan ke kertas. Anda juga bisa menampung larutan pewarna dalam wadah, kemudian celupkan cetakan kue kering, garpu, atau sudip dan tempelkan pada kertas. Buat aneka bentuk warna-warni dengan alat-alat dapur tersebut.

 

Kreatif dengan lilin mainan

Tania mengatakan Anda bisa mengasah kreatifitas anak dengan menggunakan lilin mainan dan perkakas dapur. Ibu bisa membeli lilin mainan atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan yang sudah tersedia di dapur. Sediakan juga perkakas dapur seperti penggiling adonan atau cetakan kue kering, lalu minta si kecil menipiskan lilin mainan dan mencetak bentuk-bentuk lucu. Jika Ibu mempunyai garlic press, bisa juga memasukkan lilin mainan dan menekannya hingga membentuk adonan panjang mirip mi.

 

Bubble fun

Si kecil suka bermain gelembung sabun? Cara kreatif yang dilansir dari situs Mommyme-thewonderyears ini bisa dicontek lho Bu. Siapkan campuran air dan sabun dalam wadah besar, lalu sediakan beberapa peralatan dapur seperti cetakan kue kering yang besar, cetakan donat, sudip, dan sendok besar yang berlubang-lubang. Celupkan peralatan tersebut ke dalam air sabun dan tiup. Si kecil pasti kegirangan melihat gelembung sabun yang besar dan beraneka bentuk.

 

Gambar dan cocokkan

Situs Greatbritishchef punya cara asyik melatih kecerdasan si kecil. Gambar peralatan dapur seperti sendok, garpu, talenan, dan perkakas dapur lainnya di atas kertas. Minta si kecil mencocokkan gambar dengan alat-alat dapur yang disediakan.

 

Belajar panjang dan pendek

Tiru cara unik dari situs Greatbritishchef untuk melatih kemampuan motorik sekaligus kecerdasan anak. Sediakan perkakas dapur dari yang bentuknya kecil sampai besar, kemudian berikan alat pengukur pada si kecil, dan mintalah untuk memisahkan mana peralatan yang paling pendek, sedang, hingga paling panjang.

 

Ternyata seru ya bermain dengan menggunakan perkakas dapur. Selamat mencoba ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait