Bijak Menggunakan Gadget Untuk Si Kecil

Di zaman yang serba modern ini, gadget sudah bukan menjadi barang langka yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan berada. Mulai dari HP hingga beragam perangkat pintar lainnya, kini sudah bisa dibeli dengan mudah. Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi, gadget ternyata sudah bukan sebatas pegangan orang dewasa, anak-anak yang masih kecil sekalipun sudah ikut menggandrungi gadget.

Sebagai sebuah tren memang hal tersebut cukup sulit untuk dihindarkan. Apalagi, jika lingkungan yang ada di sekitarnya menerapkan gaya hidup high-tech, mau tidak mau anak-anak juga bakal terpengaruh untuk menggunakannya. Belum lagi, harga gadget yang semakin terjangkau membuat para orang tua begitu leluasa untuk membelikan gadget buah hatinya.

Meski begitu, penggunaan gadget juga akan berdampak buruk bagi si kecil. Beberapa di antaranya, tersaji dalam ulasan sebagai berikut.

Keamanan
Banyak pelajar yang menjadi aksi kejahatan lantaran dirinya menggunakan
gadget yang berharga jutaan rupiah. Hal ini tentu harus menjadi pelajaran bagi orang tua agar tidak semata-mata membelikan anaknya gadget.

Kemanfaatan
Cobalah untuk memikirkan apa manfaat yang akan diperoleh si kecil jika Anda membelikan
gadget terlalu dini baginya. Jangan hanya sebatas merengek, tiba-tiba Anda langsung membelikan gadget sebagai hadiah untuknya. Tanpa manfaat yang jelas, gadget hanya akan membuat anak malas berpikir.

Kepantasan
Hal lain yang perlu Anda pikirkan sebelum membelikan
gadget buat si kecil adalah soal kepantasan. Perhatikan bagaimana kondisi lingkungan Anda. Jangan sampai Anda membuat kecemburan sosial, di kala banyak masyarakat serba hidup kekurangan, Anda justru menghamburkan uang dengan membelikan gadget mewah buat si kecil.

Efek Perkembangan
Gadget
tidak hanya sebatas sebagai alat yang digunakan untuk berkomunikasi saja. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak aplikasi yang ditawarkan dari sebuah gadget. Sehingga, jangan sampai membuat buah hati Anda teralihkan dari belajar dan lebih memilih untuk asyik bermain gadget.

Itulah beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda tidak terburu-buru membelikan gadget untuk si kecil. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait