©shutterstock

Bikin Lukisan Pasir, Ajak Si Kecil Yuk!

Lukisan pasir merupakan kebudayaan asli Suku Navajo yang tinggal di barat daya Amerika. Awalnya, dibuat sebagai persembahan saat ritual. Namun seiring berkembangnya zaman, fungsinya telah berubah. Di era modern seperti sekarang ini, lukisan pasir lebih populer sebagai karya seni dan banyak dijadikan pelajaran untuk mengasah kreativitas anak usia dini.

Di hari minggu yang cerah, ajak si kecil membuat lukisan pasir ini yuk! Alat dan bahannya cukup mudah lho, yaitu: pasir pantai atau pasir taman di taman bermain, kertas, pensil, lem dan stick es krim. Jangan lupa untuk menyiapkan sendok plastik dan pewarna kain yang aman digunakan oleh anak-anak.

Sebelum mulai beraktivitas, ubah dulu pasirnya menjadi berwarna-warnai menggunakan pewarna sintetis. Caranya? Rendam semalaman lalu keringkan. Jika pasir sudah siap, ajak si kecil menggambar bebas di kertas yang telah disediakan. Terserah mau gambar apa, yang penting kreativitasnya bisa terasah dan daya imajinasinya meningkat.

Setelah itu, oleskan lem ke atas gambar-gambar tadi. Bisa juga pakai double tip sebagai perekat pasir nantinya. Ikuti pola gambarnya dan langsung taburkan pasir yang beraneka warna tadi. Taraaa! Lukisan pasir punya si kecil sudah jadi deh.

Cara kedua, lapisi seluruh permukaan kertas dengan lem atau dauble tip. Setelah itu, biarkan si kecil menaburkan pasir yang berwarna-warni sesuka hatinya. Ratakan menggunakan stick es krim dan jungkir balik supaya sisa pasir tidak mengotori lukisan. Hal semacam ini akan membuat si kecil bebas menuangkan imajinasinya dan menumbuhkan jiwa seni yang dimilikinya.

Ketika lukisan sudah jadi, tempelkan di tembok kamar si kecil biar dia bisa makin semangat membuat karya selanjutnya. Bisa juga dengan menempatkannya dalam pigura lalu di pajang di ruang keluarga atau ruang tamu. Si kecil pasti akan senang sekali karena karya seninya mendapatkan apresiasi.

Sebagai orang tua, selalu dampingi si kecil dalam segala aktivitasnya, termasuk membuat lukisan pasir. Awasi agar dia tidak melakukan hal-hal aneh, seperti memasukkan pasir ke mulut atau bermain-main dengan lem. Selamat berkarya ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait