Bunda... Adik Bantu Bersih-Bersih Ya!

Mengembangkan kreativitas memang menjadi salah satu ide baik yang bisa diberikan si kecil. Apalagi saat liburan, kala dia harus menghabiskan waktunya seharian. Amat disayangkan jika si kecil sampai tidak mendapatkan kegiatan yang bermanfaat. Di samping itu weekend kadang menjadi hari libur yang digunakan untuk membersihkan rumah. Daripada si kecil berdiam diri saja, Anda bisa melibatkannya agar bisa membantu untuk bersih-bersih.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan si kecil saat membersihkan rumah.

Membersihkan mainan

Tak perlu bingung mau memberi tugas apa ketika si kecil ingin ikut membersihkan rumah. Anda bisa menyuruhnya untuk merapikan mainannya yang berserakan. Mintalah si kecil untuk menempatkan ke dalam kotak mainan tau tempatnya semula. Selain bisa merangsang sikap peduli si kecil agar hidup rapi, juga bisa membantu pekerjaan Anda membersihkan rumah agar cepat selesai.

Mengambil pakaian kotor

Tugas mudah berikutnya yang bisa dibantu si kecil adalah mengambili pakaian kotor yang ada di dalam kamar. Si kecil bisa memungutinya satu per satu dan menaruhnya di dalam keranjang pakaian kotor. Nasehati si kecil agar tidak berlarian sehingga tidak sampai terjatuh, terutama saat harus menaiki lantai dua untuk mengambil pakaian kotor di kamarnya. Meski terkesan sepele, paling tidak meringankan tugas Anda supaya lebih cepat mencucinya.

Membersihkan halaman rumah

Daun-daun sedang berguguran dan mengotori halaman rumah. Biar lebih menyenangkan, ajak si kecil untuk membantu membersihkannya. Berikan dia sapu kecil atau yang sesuai dengan tinggi tubuhnya agar tidak kesulitan memegangnya. Bagilah daerah yang akan dibersihkan dengan si kecil. Supaya lebih seru dan penuh semangat ajak si kecil untuk beradu cepat membersihkannya. Jika dia berhasil melakukannya Anda bisa memberikan hadiah berupa hidangan lezat saat makan siang.

Membersihkan lantai

Apabila buah hati Anda sudah tumbuh agak besar, Anda bisa menugasinya untuk membersihkan lantai. Minimal menyuruhnya untuk menyapu. Kegiatan ini dapat mengasah si kecil agar hidup lebih bersih. Di samping itu, Anda juga bisa mengajarinya untuk mengepel yang benar. Beritahu si kecil agar mengeringkan kainnya sehingga tidak membasahi lantai berlebihan. Sebab, hal tersebut dapat membuatnya terpeleset.

Tertarik untuk mengajak si kecil membersihkan rumah juga?

Share artikel ini:

Artikel Terkait