©shutterstock

"Bu, Aku Mau Bisa Pakai Dasi"

Ayah yang selalu tampil gagah saat pakai dasi, membuat si Kecil terkesima. Tanpa disadari, dia ingin sekali pakai dasi keren seperti milik Ayah.  Jadi jangan heran kalau dia mulai sering bermain dengan koleksi dasi Ayahnya. Justru sebagai orangtua, Anda harus mendukung rasa ingin tahunya tersebut dengan mengajari bagaimana caranya pakai dasi.

Ajak Diskusi

Sebelum mulai sesi belajar, ajak si kecil diskusi dulu yuk! Anda bisa iseng-iseng menanyakan kenapa dia begitu ingin tahu caranya pakai dasi. Buat sesi diskusi senyaman mungkin agar si kecil makin semangat belajarnya nanti. Siapkan secangkir teh dan kue kesukaannya sebagai reward kalau nanti si Kecil berhasil pakai dasi sendiri.

Teknik Pakai Dasi

Ada banyak teknik pakai dasi yang bisa dicoba. Tapi berhubung si Kecil masih belia, pilih saja teknik tradisional karena ini yang paling mudah. Kalungkan dasi di leher Anda dan si Kecil, lalu pasang dasi dan biarkan dia memperhatikan. Pelan-pelan ya agar tidak membuat buah hati bingung. Kalau sudah jadi, gantian si kecil yang harus memasang dasinya.

Teknik memasang dasi tradisional ini tidak begitu rumit. Cukup kalungkan dasi, atur panjangnya, dan lilitkan seperti saat masih sekolah dulu. Tidak butuh waktu lama dan gampang dipahami oleh si kecil. Tapi kalau masih belum puas, sepertinya Anda harus putar otak lagi untuk mengajarinya cara pakai dasi yang benar.

Jadikan Kebiasaan

Bisa karena terbiasa. Pepatah itu wajib diterapkan ketika mengajari si kecil suatu hal, termasuk pakai dasi. Setiap pagi saat Ayah pakai dasi, pasangkan juga seutas dasi di leher si kecil. Dia akan belajar dengan melihat cara Ayahnya. Hal semacam ini bisa membuat hubungan keluarga makin erat dan  kemampuan berpakian si Kecil meningkat.

Sebenarnya, ada dasi yang di desain khusus untuk anak-anak. Dia hanya tinggal mengalungkan dasi di lehernya dengan tali karet. Anda bisa lho membelikan benda ini sebagai hadiah kecil untuknya karena sudah berhasil pakai dasi sendiri.

Share artikel ini:

Artikel Terkait