@shutterstock

Bu, Pandanganku Mulai Kabur

Pernahkah Anda menyadari si kecil yang duduk semakin dekat saat menonton televisi? Mungkin anak Anda mengalami masalah penglihatan. Biasanya anak-anak menganggap penglihatan yang terganggu itu adalah suatu hal yang normal, atau terlalu muda untuk mengatakannya.

That’s why, penting bagi orangtua untuk memperhatikan anak-anak secara cermat. Simak gejala-gejala anak yang punya kemungkinan mengalami masalah penglihatan ya.

Memicingkan mata
Gejala paling umum dari masalah penglihatan adalah memicingkan mata. Anak-anak sering melakukan hal itu untuk membantu menghilangkan pandangan yang buram. Segera bawa ke dokter jika anak terlalu sering memicingkan mata saat menonton TV atau kesulitan mencari barang.

Menggosok mata
Kebanyakan anak-anak akan menggosok-gosok mata jika sudah merasa lelah atau ngantuk. Tapi jika terjadi secara berlebihan, bisa jadi indikasi masalah yang lebih besar. Selain menunjukkan gejala alergi, menggosok-gosokkan mata dilakukan secara tidak sadar untuk membantu memperbaiki penglihatan yang buram.

Memiringkan kepala
Anak-anak dengan masalah penglihatan ganda terkadang memiringkan kepala, agar bisa melihat dengan lebih jelas. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan otot-otot mata, yang hanya bisa diperbaiki dengan menggunakan kacamata.

Pusing
Otot mata yang tegang karena penglihatan yang buruk dapat menyebabkan pusing. Jika si kecil sering mengeluhkan pusing pada area dahi setelah membaca atau menonton TV, bawa anak menemui dokter mata.

Duduk terlalu dekat dengan TV
Apakah si kecil ngotot ingin duduk dekat dengan TV? Ini bisa jadi gejala anak sulit melihat dari jarak jauh. Masalah penglihatan ini bisa kok diperbaiki dengan penggunaan kacamata. Tanda yang sama juga bisa dilihat dari anak yang membaca dengan jarak terlalu dekat.

Menutup salah satu mata
Tanda lain si kecil mengalami penglihatan ganda adalah menutup salah satu mata saat membaca atau menonton TV. Ada kemungkinan buah hati Anda mengalami masalah di salah satu mata, sehingga anak akan menutupnya agar dapat melihat lebih jelas. Karena ini merupakan masalah penglihatan yang serius, segera periksakan ke dokter mata.

Nilai di sekolah mendadak turun
Nilai anak-anak di sekolah mendadak turun? Kemungkinan buah hati mengalami hal ini karena sulit melihat papan tulis atau saat membaca buku pelajaran. Coba lakukan pemeriksaan mata dengan bantuan dokter mata ya, Bu.

Kebanyakan masalah pada penglihatan adalah karena faktor keturunan. Jadi jika orangtua membutuhkan kacamata, ada kemungkinan anak-anak Anda pun mengalami hal yang sama. Tidak ada yang ingin anaknya memakai kacamata. Akan tetapi membiarkan anak mengalami masalah penglihatan, akan lebih memperburuk keadaan. Kenali tanda-tandanya dan bawa ke dokter mata segera ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait