@shutterstock

Buang Sampah Pada Tempatnya ya, Nak!

Satu hal yang menjadi pemandangan khas saat banjir, adalah sampah yang berserakan di mana-mana. Benar, kesadaran masyarakat akan hidup bersih memang masih kurang sampai saat ini. Mereka begitu asyik membuang sampah ke sungai tanpa menyadari bila sumbatan sampah itulah yang nantinya bisa menyebabkan banjir. Untuk mencegah masalah ini berkelanjutan secara terus menerus perlu diawali dari langkah yang sederhana. Salah satunya mengajak si kecil untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

Jadilah Contoh Buat Anak

Mengajari anak untuk berbuat sesuatu sama halnya dengan memberikan contoh kepadanya. Mulai dengan menunjukkan kepadanya cara membuang sampah yang benar. Habis makan bungkus harus dimasukkan ke tempat sampah. Begitu juga sehabis menggunting kertas, harus dikumpulkan dan dibuang ke tempat sampah. Langkah sederhana ini akan diperhatikan dan mulai dicontoh si kecil.

Sediakan Beberapa Tempat Sampah

Jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah yang cukup di rumah. Usahakan jumlahnya lebih dari satu. Tidak adanya tempat sampah yang memadai membuat anak jadi terbiasa membuang sampah sembarangan. Sediakan tempat sampah mulai untuk sampah kering di dalam rumah, hingga sampah yang digunakan untuk menampung sisa makan, sampah dapur serta sampah basah yang berbau menyengat di luar rumah.

Bagi Tempat Sampah

Agar anak-anak semakin pintar membuang sampah, ajarkan juga cara mengumpulkan sampah sesuia dengan jenisnya. Sediakan tempat sampah yang berbeda warna untuk mempermudah proses belajarnya. Misalnya, sampah merah khusus untuk sampah yang basah, berbau tidak enak dan jorok. Sementara sampah kuning untuk jenis sampah kering seperti plastik, bungkus permen dan kertas bekas yang habis diremas oleh si kecil.

Bedakan Sampah Organik

Selain mengajari cara membuang sampah sesuai dengan jorok maupun tidaknya, ajari juga membuang sampah berdasarkan organik dan tidaknya. Sampah dapur semacam potongan sayur, buah dan sisa makanan dimasukkan dalam sampah organik. Sedangkan kertas, pecahan kaca dan plastik dibuang ke dalam sampah anorganik.

Jika ada kesempatan, berkunjunglah bersama si kecil ke tempat daur ulang sampah agar kesadarannya untuk menjaga kebersihan lingkungan semakin besar. Semoga berhasil ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait