©shutterstock

Buat Si Kecil Lebih Riang Dengan Pertanyaan Favoritnya

Kebahagiaan anak memang akan menjadi kebahagiaan orang tua juga. Bila si kecil bisa tumbuh dengan riang setiap hari, maka orang tua pun juga akan tenang melihat si kecil tumbuh dan berkembang. Meski anak bisa mendapatkan kebahagiaannya sendiri, namun peran orangtua untuk membahagiakan anak tak kalah penting untuk diperhatikan.

 

Anda bisa terlibat mendukung si kecil agar lebih bahagia dengan menjawab beragam pertanyaan favoritnya.

 

Makan apa hari ini?

Pertanyaan ini sering disampaikan oleh anak-anak setiap kali Anda mengajaknya untuk makan. Sekilas pertanyaan tersebut sederhana, namun akan membuat si kecil lebih bahagia bila Anda menjawabnya dengan penuh perhatian. Beritahukan kepada buah hati Anda bila hari ini menunya sangat lezat dan menggoda, sehingga anak akan lebih antusias untuk menyantap makanannya.

 

Bolehkah tidur malam?

Selain makan, anak-anak biasanya suka menawar soal jam tidur. Si kecil ingin sekali tidur lebih malam karena acara TV-nya bagus-bagus. Tak perlu buru-buru memarahinya, namun jawab dengan bijak. Jawablah si kecil boleh tidur malam, tapi besok pagi harus siap dibangunkan untuk sekolah. Beritahukan padanya bila tidur terlalu malam kurang baik, karena bisa menyebabkan mata menjadi bengkak seperti panda. Dia pun bisa ditertawakan saat di sekolah. Mau seperti itu?

 

Kapan pergi jalan-jalan?

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga bisa mengalami kebosanan lantaran aktivitasnya yang padat. Ketika si kecil sedang bosan, biasanya akan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan jalan-jalan ke luar atau liburan. Jawablah dengan jujur bila Anda akan mengajaknya pergi liburan di akhir pekan. Jika tak bisa, mengajaknya menikmati kuliner di luar saat malam hari bisa menjadi pilihan.

 

Kapan bisa pergi-pergi sendiri?

Bagi anak-anak yang masih kecil, bisa jalan-jalan sendiri layaknya orang dewasa ingin sekali dilakukan. Si kecil pun akan mengajukan pertanyaan tentang waktu yang pas baginya untuk jalan-jalan sendirian. Jawablah dengan mengatakan nanti saat dirinya sudah bisa menyeberang di jalan sendiri dan bisa tahu jalan pulang. Jelaskan kepadanya mobil di jalan sangat cepat, jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan dirinya tertabrak. Selain itu, bila si kecil belum tahu jalan pulang akan menyebabkannya tersesat dan bertemu dengan orang-orang jahat.

 

Pertanyaan anak-anak memang perlu disikapi dan dijawab dengan bijak, tujuannya tak lain agar si kecil bisa menerima edukasi yang tepat dari beragam pertanyaan favorit yang diajukannya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait