Budaya Hidup Sehat Dimulai Ibu di Pagi Hari

Ibu memegang peranan penting dalam mengenalkan budaya hidup sehat bagi seluruh keluarga, seperti bangun pagi, makan sarapan sehat dan bergizi hingga memberikan semangat untuk beraktifitas kepada keluarga tercinta. Yuk ikuti tips berikut ini agar Ibu bisa memberikan yang terbaik untuk seluruh anggota keluarga di pagi hari.

 

1. Bangun Lebih Awal

Ibu, ini adalah hal terpenting untuk memulai hari yang lebih baik. Sebaiknya Ibu menghindari tidur hingga larut malam, agar esok harinya Ibu tidak mengalami bangun kesiangan, sehingga menyebabkakan kepanikan di pagi hari. Dengan bangun lebih awal, maka Ibu bisa menyiapkan segala keperluan keluarga maupun diri sendiri tanpa terburu-buru. Menurut studi yang dilakukan ahli gizi & nutrisi, Megan Ware, Ibu yang bangun kesiangan kerap melakukan banyak kesalahan di pagi hari seperti menyiapkan sarapan yang tidak bergizi hingga menyebabkan mood yang buruk seharian.

 

2. Minum Air Lemon

Sebelum Ibu memulai aktivitas apapun, sebaiknya minumlah air putih hangat dengan campuran perasan lemon terlebih dahulu. Menurut Amy Myers, MD, penulis 'The Autoimmune Solution', manfaat mengonsumsi minuman ini sangatlah banyak, karena lemon kaya akan vitamin C yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh hingga meningkatkan pemenuhan antioksidan dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan bioflavonoids yang sangat tinggi di dalam lemon ini juga bisa menghancurkan radikal-radikal bebas yang merusak pembuluh darah dan menyebabkan peradangan.

Air lemon juga baik untuk dikonsumsi oleh semua anggota keluarga di saat sarapan pagi. Myers merekomendasikan mulai dengan seperempat atau setengah buah lemon dengan segelas penuh air putih hangat.

 

3. Menyiapkan Sarapan

Pastinya Ibu sering kewalahan dalam menyiapkan sarapan yang sehat untuk keluarga. Namun sederhananya, sarapan sehat dan bernutrisi haruslah mengandung karbohidrat, protein serta vitamin. Untuk asupan protein, Ibu bisa menyajikan telur atau daging untuk disantap bersama dengan nasi. Namun jika Ibu ingin menyajikan sarapan yang praktis namun tetap bernutrisi, menu semangkuk sereal dan susu adalah solusi yang tepat, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas seharian. Jangan lupa sediakan asupan nutrisi vitamin dan mineral dari sayur dan buah yang segar ya, Bu.

 

Baca Juga: Ibu Sehat Keluarga Kuat

 

4. Senyum

Mulailah hari dengan memberikan senyuman hangat di pagi hari, maka keluarga pun akan lebih termotivasi dan bersemangat menjalani hari. Tak hanya itu, mengawali hari dengan senyuman juga akan membuat momen sarapan Ibu bersama keluarga menjadi lebih dan menyenangkan. Menurut Dr. Ann Mastergeorge, peneliti dari University of Arizona, Ibu yang memperlihatkan sisi depresi atau kemuramannya di pagi hari, akan mempengaruhi aspek negatif seluruh keluarganya maupun tumbuh kembang anaknya.

 

5. Me-time

Setelah anak-anak berangkat ke sekolah dan suami ke kantor, sebaiknya Ibu luangkan waktu beberapa menit untuk memanjakan diri seperti mandi di bawah rintik-rintik pancuran shower yang memiliki efek seperti memijat, ditambah dengan sabun aromaterapi yang memberikan sensasi relaksasi.

Setelah mandi, Ibu bisa juga membaca buku atau mencari informasi seputar hobi di internet sebelum melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Sedikit apapun waktunya, luangkanlah waktu untuk manjakan diri agar Ibu lebih relaks dalam beraktifitas seharian.

 

6. Buat Catatan Aktivitas

Membuat catatan tentang apa saja yang harus dikerjakan seharian bisa membantu Ibu untuk mengisi waktu luang lebih bermanfaat dan juga memangkas rasa panik karena memiliki terlalu banyak tugas rumah. Hal ini sangat dianjurkan karena Ibu akan memiliki lebih banyak waktu mempersiapkan waktu bersama anak dan keluarga.

 

7. Jurnal Makanan

Agar keluarga tidak bosan akan menu makanan yang itu-itu saja, tidak ada salahnya Ibu membuat jurnal menu masakan. Atau cara paling mudahnya, Ibu bisa mengintip pilihan resep-resep menu sehat di situs Sahabat Nestle. Sehingga Ibu pun bisa menyiapkan bahan masakan untuk sarapan sehari sebelumnya tanpa rasa terburu-buru di pagi hari. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait