©shutterstock

"Bunda, Kenapa Kita Perlu Bekerja?"

Bekerja sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dipisahkan. Sejak dini, biasakan si Kecil untuk mengenal dan memahami fungsi bekerja dan nilai uang, agar saat tumbuh dewasa nanti akan mempunyai budaya kerja yang baik. Simak tips-tipsnya berikut ini ya.

Jadilah Panutan yang Baik

Orangtua harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Hal tersebut ditekankan oleh Kori Ellis, MA, psikolog sekaligus penulis artikel parenting dan kesehatan dalam berbagai majalah, pada situs She Knows. Ada banyak pengaruh dari luar yang diterima si Kecil, sehingga orangtua harus berjuang memberikan yang terbaik. Untuk mengajarkan tentang kerja keras, biarkan mereka melihat Anda bekerja, baik di tempat kerja maupun menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Memberikan Tanggung Jawab

Mulai dari kecil, berikan si Kecil tugas yang disesuaikan dengan umur dan kemampuannya, untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil di sekitar rumah, misalnya membantu mengatur meja, menyapu lantai, berkebun, dan membereskan mainannya. Ajarkan anak-anak untuk merasa bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dengan menunjukkan bagaimana cara melakukan tugas tersebut dan hasil apa yang ingin didapatkan. Walau mungkin belum sempurna, berikan pujian karena telah melakukan yang terbaik, serta tunjukkan sekali lagi cara menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.

Bicarakan Alasan Bekerja

Penting bagi orangtua untuk mendiskusikan arti dan tujuan bekerja, terutama untuk anak-anak yang sudah mulai besar. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjelaskan bahwa pekerjaan tidak semata-mata untuk mendapatkan uang, tapi juga untuk memberikan nilai, menciptakan suatu produk, melayani orang lain, atau bahkan untuk tujuan kebaikan yang lebih besar. Melakukan pekerjaan dengan baik membuat seseorang menjadi lebih baik dan meningkatkan karakter, serta harga diri. Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan berbagi pengalaman kerja, baik maupun buruk, dan berbicara tentang pelajaran yang bisa diambil.

Batasi Campur Tangan Orang tua

Tempatkan anak-anak dalam keadaan sulit tapi masih bisa dilakukan, dan jangan membantunya terlalu banyak. Dorong si Kecil untuk tetap bekerja dalam menghadapi masalah, walaupun mengalami sedikit frustasi. Bunda akan takjub betapa cepat mereka belajar apa yang bisa dilakukan dengan baik dan yang tidak. Tugas orangtua adalah mendorongnya untuk berlatih dan melakukan tugas yang sebelumnya kurang baik, misalnya dalam musik yang dapat mengajarkan kerja keras jangka panjang dan tekad kuat, begitu juga dengan olahraga dan sekolah.

Tanamkan budaya kerja yang baik sejak dini pada si Kecil, agar terbiasa bekerja keras untuk mendapatkan tujuan yang dicita-citakannya ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait