@shutterstock

Cinta Indonesia, Kiat Kenalkan Nasionalisme Lewat Benda Khas Budaya

Indonesia punya banyak budaya yang menakjubkan. Ada tari-tarian, ketoprak, ludruk, wayang, gamelan, dan lain sebagainya. Sebagai generasi penerus bangsa, ajak si kecil mengenal budaya nusantara yuk!

Bagaimana cara memulainya?
Si kecil belajar dari apa yang mereka lihat. Jadi cara termudah untuk membangkitkan semangat nasionalismenya adalah dengan menunjukkan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Indonesia kepadanya. Bisa lewat film, video, pementasan, atau mengajaknya main ke museum.

Selain itu, beberapa benda khas budaya berikut ini bisa digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan nasionalisme pada si kecil. Apa saja itu? Ini dia!

Wayang kulit
Sebenarnya Indonesia memilki banyak jenis wayang , namun yang paling populer adalah wayang kulit. Di Jawa dan Bali, pagelaran tradisional ini masih bisa ditemui di banyak tempat. Apalagi kalau sedang ada perayaan tertentu, bisa-bisa pementasan berlangsung tiga hari tiga malam.

Ceritanya sendiri cukup unik, biasanya tentang legenda suatu tempat, kisah Ramayana, atau Pandawa. Paling sayik menyaksikan wayang kulit saat malam tiba, ditemani semangkuk ronde dan kacang. Pertama, pertunjukkan wayang kulit akan dibuka dengan  gamelan dan nyanyian sinden, baru stelah itu dalang memasuki stage dan melakukan sedikit ritual. Saat gunungan telah dibuka, maka dimulailah pertunjukan wayang kulit. Tugas seorang dalang adalah sebagai pengatur cerita, voice actor, dan yang menggerakkan wayang.

Gamelan Bali
Dalam wayang, gamelan akan membuat cerita jadi lebih hidup, termasuk gamelan Bali. Rangkaian alat musik tradisional ini juga bisa digunakan sebagai pengiring tarian, lagu, atau bahkan menyambut tamu. Bahkan popularitasnya sudah mendunia. Di beberapa sanggar kesenian, si kecil mendapatkan pelatihan ini dan mengasah kemampuan bermusiknya. Menarik ya?

Topeng
Sama seperti wayang, setiap daerah di Indonesia punya topeng dengan ciri khas yang berbeda. Misal, topeng di Jawa Timur memiliki siluet garang dengan ukiran tegas di beberapa sisi. Sedangkan topeng di Bali, nampak lebih artistik dengan ukiran-ukiran yang rumit tapi keren.

Anda bisa mengajak si kecil pergi ke Museum Topeng di  Malang atau di Bali  untuk mengenalkannya pada benda budaya yang satu ini. Kalau beruntung dia bisa sekalian melihat pertunjukan tari topeng yang tidak kalah menariknya.

Menumbuhkan rasa nasionalisme pada si kecil itu mudah asal Anda juga berpartisipasi di dalamnya. Semoga informasinya bisa membantu ya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait