@shutterstock

Ciptakan Hutan Mini Bersama si Kecil Yuk

Mengenalkan lingkungan pada anak memang dilakukan sedini mungkin. Selama masa pertumbuhan dan perkembangannya, si kecil perlu mengenal banyak hal tak terkecuali alam sekitar. Salah satu yang perlu dikenali anak adalah lingkungan hutan yang tak lain merupakan habitat banyak hewan. Kondisi hutan belakangan ini memang amat memprihatinkan, terlebih setelah munculnya banyak penebangan liar. Lewat pengenalan hutan sejak dini, harapannya si kecil bisa turut menjaga kelestarian hutan di kemudian hari.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan hutan pada anak. Beberapa di antaranya ada di bawah ini.

Kerajinan kertas
Paper craft memang banyak sekali fungsinya. Di samping bisa mengasah kreativitas anak, permainan memanfaatkan kertas ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan hutan dan isinya buat si kecil. Buatlah beberapa potongan pohon, rumput, maupun bunga yang umum ditemukan di hutan. Warnai dan gunting. Mintalah si kecil untuk menirukannya dengan menggambar, mewarnai, dan mengguntingnya. Susun dalam bidang kertas beberapa pohon atau mungkin juga hewan yang dibuat agar bisa menjadi miniatur hutan.

Plastisin
Tak puas dengan membuat miniatur hutan mini secara dua dimensi? Masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajak si kecil membuat hutan mini di rumah. Manfaatkan plastisin dari beragam warna untuk menyusun hutan mini tersebut. Anda bisa mengajak si kecil membuat model kepala hewan yang lucu-lucu. Buat juga bentuk daun dan pohon. Susun di atas karton yang berwarna cokelat atau hijau serupa rumput. Biarkan si kecil menempatkan kreasi plastisin sesuai dengan keinginannya.

Kardus
Ada kardus bekas yang terpakai, dari pada dibuang lebih baik dimanfaatkan untuk kreasi anak-anak. Mula-mula, gambar beragam bentuk pohon dan hewan yang lucu-lucu. Kemudian gunting keseluruhan. Berikan contoh satu untuk proses pewarnaan, kemudian minta si kecil untuk mewarnainya juga. Pada bagian bawah kardus yang sudah dibentuk pohon dan hewan, berikan selotip maupun double tip. Siapkan alas datar dari sisa kardus, tempelkan dengan posisi berdiri semua potongan pohon dan hewan tadi. Taraaa, hutan mini sudah jadi dibuat!

Sembari mengajari si kecil kreativitas tersebut, edukasi buah hati Anda tentang hutan dan isinya. Beritahukan kepadanya bila hutan perlu dijaga kelestariannya agar saat dewasa si kecil masih bisa melihatnya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait