Dekorasi Kamar untuk Balita

Ruang kamar untuk seorang anak balita adalah tempat dimana si anak mulai merasakan privasi sejak kecil dan mulai belajar hal-hal baru melalui interaksi dengan lingkungannya, seiring dengan waktu pertumbuhannya. Oleh karena itu, kamar si anak haruslah ditata senyaman mungkin, didukung dengan dekorasi yang menarik serta ditunjang dengan perlengkapan yang memadai seperti tempat tidur, area dimana orang tua dan anak dapat berinteraksi, karpet atau alas karet untuk berjaga-jaga kalau si anak terjatuh agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai, meja atau lemari yang diletakkan di pojok ruangan untuk menyimpan segala perlengkapan mandi dan pakaian, serta tentunya seperangkat mainan anak.

Untuk ruang anak, janganlah meletakkan barang terlalu banyak di dalamnya. Gunakan warna-warna cerah dan gambar-gambar yang dapat menarik perhatian si anak. Ciptakan akses yang mudah bagi si anak untuk menggapai peralatan mainnya, sehingga dari segi psikologis anak dia akan merasa lebih dekat dengan segala sesuatu di sekelilingnya.

Hiasi ruang anak kita dengan dekorasi yang beragam dan menarik minat si anak. Kombinasi warna pastel cocok untuk kelompok usia ini, seperti hijau dan kuning pastel. Untuk anak perempuan sediakan mainan boneka yang dia suka seperti boneka binatang yang disukai, pajangan-pajangan lucu dan mainan lain yang sifatnya mendidik yang berbentuk huruf atau angka.

Untuk membuat suasana yang lebih nyaman, hiasi dinding ruangan dengan wallpaper bergambar, berwarna cerah namun lembut seperti merah muda (pink) atau kuning. Untuk anak laki-laki sediakan mainan seperti mobil-mobilan, boneka anjing, atau lego; sedangkan untuk dindingnya dapat didekorasi dengan wallpaper bertema futuristik atau dicat dengan warna-warna primer atau mencolok, seperti biru dan kuning sehingga si anak merasa betah bermain di ruangan tersebut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait